WD3 FIB Tidak Tahu Fakultas Lakukan Penarikan Uang Kepada Mahasiswa

0
19

Reporter: Asep Saripudin, Nabilah Agil, Supriyatin.

Purwokerto, Cahunsoed.com ­–Senin (12/3), Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Imam Suhardi, mengatakan telah meniadakan pelepasan sejak tahun 2017. Dirinya memastikan kalau dari bidang kemahasiswaan tidak lakukan penarikan uang kepada mahasiswa.

“Ada pelepasan di FIB itu tahun 2014 sampai 2016, setelah itu gakada lagi. Semenjak itu ya gakpernah ada penarikan uang ke mahasiswa. Informasi kalau ada penarikan kaya gitu saya gaktahu,” katanya saat ditemui di ruangannya.

Menurut salah satu mahasiswa jurusan sastra Indonesia 2014, Annisa Nurul Fazarani, mengatakan dirinya ditariki uang sebesar 85 ribu setelah menyerahkan berkas yudisium. Annisa diminta untuk menuliskan nama, nim, serta tanda tangan di atas kertas yang disediakan bapendik.

“Bapendik bilang suruh bayar 85 ribu buat plakat dan medali, yaudah saya bayar,” katanya.

Namun, Kasubag Akademik dan Kemahasiswaan yang ditemui diruangannya mengaku tidak pernah melakukan penarikan sejumlah uang kepada mahasiswa. Dirinya mengatakan bahwa permasalahan penarikan uang sudah diselesaikan dengan wisudawan sejak dahulu.

“Sudah gakada mba, gakada ada tarikan sama sekali. Itu dulu, jadi gakusah diungkit lagi,” kata Windiyartati, Kasubag Akademik dan Kemahasiswaan FIB, saat ditemui di meja kerjanya.

Padahal, menurut Nanang Setiawan, salah satu alumni FIB yang wisuda periode September 2017 lalu, pihak bapendik telah melakukan penarikan sebesar 75 ribu saat mahasiswa menyerahkan berkas yudisium.

“Saya waktu itu disuruh bayar medali sama plakat pas kasih berkas yudisum, tapi dulu 75 ribu,” katanya. (Supriyatin)

SHARE
Previous articleSeper Empuan
Next articleTak miliki Sekre, Mahasiswa FPIK Bangun Sekre Tandingan
Cahunsoed.com adalah Portal Berita Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) SOLIDARITAS Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Purwokerto yang menyajikan berita dan kejadian-kejadian seputar dunia kampus, pendidikan, pemuda, kreativitas, serta berita seputar Banyumas. Selain itu, kami senantiasa menjadi “watch dog” atau kontrol kuasa atas kebijakan-kebijakan kampus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here