Unsoed Naikan Level UKT Mahasiswa Baru Saat Registrasi Fisik

2
1357
Mahasiswa Baru Sedang Berkonsultai dengan ADKESMA Masing-Masing Fakultas Mengenai Uang Kuliah Tunggal (UKT) (Cahunsoed.com/Fadillah Eldo Abimanyu)

Purwokerto-Cahunsoed.com, Jumat (11/05), Uang Kuliah Tunggal (UKT) mahasiswa baru jalur SNMPTN dinaikan saat registrasi fisik. Kenaikan tersebut karena adanya penghitungan ulang UKT pada saat pengecekan berkas mahasiswa baru.

Kasubag Registrasi dan Statistik, Agus Setiawan, mengatakan tidak ada kenaikan level UKT mahasiswa baru. namun, yang terjadi hanyalah penyesuaian UKT.

“Waktu regist memang ada pengecekan ulang data mahasiswa untuk penyesuaian UKT, biasanya banyak mahasiswa yang salah dalam menginput data,” Katanya

Salah satu mahasiswa baru Fakultas Ilmu Perikanan dan Kelautan (FPIK) yang dinaikkan level UKT-nya harus membayar langsung kekurangan saat registrasi fisik. Hal itu dituturkan Presiden Badan Eksekutif (BEM) Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK), Helmi Mubarak selasa (08/05).

“Kalo ga bayar ga akan di acc jadi mahasiswa Unsoed, makanya kita lagi coba untuk advokasikan mahasiswa baru ini,” tuturnya.

Sementara itu, pada saat regitrasi fisik ada mahasiswa yang UKT-nya melebihi pendapatan orang tua tidak ditinjau ulang penghitungan UKT-nya oleh Unsoed. Erlin Sinta Devi, Staf Advokasi dan Kesejahteraan Mahasiswa (ADKESMA) BEM FIKES, mengatakan bahwa ada mahasiswa baru fikes yang UKT-nya melebihi pendapatan orang tua.

“UKT-nya 3.6 juta, padahal penghasilan orang tuanya hanya 3 juta itu juga tanggungannya ada 7, harusnya itu ditinjau ulang bukan didiemin aja,” katanya

Fatih Fida Ain, Menteri ADKESMA BEM Unsoed menyampaikan akan mengumpulkan data-data mahasiswa yang UKT-nya bermasalah untuk menjadi bukti konkret yang disampaikan nanti ke rektorat Unsoed.

“Kita akan kumpulkan data mahasiswa baru yang UKT-nya bermasalah, nanti kita analisis dan tinjau ulang lagi, supaya hal-hal seperti ini tidak terjadi lagi,” katanya.

Penghitungan UKT seharusnya didasarkan pada penghitungan jumlah penghasilan yang dibagi jumlah tanggungan anggota keluarga. Setelah itu akan muncul nominal yang menjadi acuan mahasiswa dalam membayar UKT. Usia pada Kartu Keluarga (KK) yang melebihi batas usia 21 Tahun juga telah diatur pada peraturan rektor Nomor 11 Tahun 2015 BAB III Pasal 5

Penulis: Fadillah eldo abimanyu

Reporter: Fadillah eldo abimanyu

Editor: Supriyatin

 

SHARE
Previous articleMay Day, Membangun Kesadaran Buruh Melawan Penindasan
Next articleMahasiswa Hukum Unsoed Keluhkan Pembagian Dana Kemahasiswaan
Cahunsoed.com adalah Portal Berita Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) SOLIDARITAS Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Purwokerto yang menyajikan berita dan kejadian-kejadian seputar dunia kampus, pendidikan, pemuda, kreativitas, serta berita seputar Banyumas. Selain itu, kami senantiasa menjadi “watch dog” atau kontrol kuasa atas kebijakan-kebijakan kampus.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here