Unsoed Menagih Uang Kepada Mahasiswa Nonaktif

1
11
Purwokerto – Cahunsoed.com, Kamis (18/9), Pada Surat Penagihan Rektor No.6627/UN23/KU/2014 Tahun 2014, dijelaskan bila mahasiswa yang belum membayar biaya pendidikan agar segeramelunasinya sampai 30 September 2014. Penagihan ini didasarkan pada anjuran Badan Pengawas Keuangan (BPK) hasil evaluasi tentang Laporan Keuangan Unsoed Tahun 2013. Kepala Bagian Keuangan Unsoed, Ariyanto, menjelaskan saat evaluasi, BPK menemukan kekurangan dana dalam laporan Unsoed. 

Menurutnya, kekurangan tersebut diterletak pada Piutang dari Kegiatan Operasional (Jasa Layanan Pendidikan) per 31 Desember 2013. “Maka kami menagih piutang mahasiswa untuk menutupi kekurangan keuangan dana dalam laporan,” kata Ariyanto.

Namun, pada lampiran surat yang tercantum dalam website www.unsoed.ac.id tersebut tercantum nama-nama mahasiswa yang sudah tidak aktif. “Iya disitu banyak mahasiswa angkatan lama kaya tahun 2003 sama 2005 yang udah lama keluar dari Unsoed,” kata Henrikus Setya Adiapratama, Administrasi Negara 2008.

Ariyanto pun mengaku tidak terlalu memahami terkait status mahasiswa pada lampiran surat tersebut. Pihaknya hanya menerima lampiran daftar mahasiswa dari bagian registrasi dan statistik. “Saya gak tau, itu data dari pihak registrasi,” katanya.

Sedangkan Staff Subbag Keuangan Unsoed, Alivia Prasetya Ramadhon, mengakui adanya mahasiswa yang tidak aktif yang tercantum dalam tagihan piutang ini. Ia meyakini ada banyak mahasiswa tidak aktif yang mungkin tercantum di surat penagihan tersebut. “Ya mungkin banyak mahasiswa non aktif yang tercantum disana,” kata Alivia.

Lebih lanjut Alivia menjelaskan bila model penagihan ini hanya sebatas surat peringatan sebanyak 3 kali. “Klo masih gak bayar, setelah itu kita hapus data piutangnya, itu anjuran BPK,” kata Alivia. Sementara itu, Wiratmoko, Staf Registrasi dan Statistik Unsoed, tidak tahu menahu terkait daftar mahasiswa dalam lampiran tersebut. “Saya malah baru liat sekarang mas,” katanya.(ICA/ALX)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here