Unsoed Bebankan Proses Imigrasi Ke Fakultas

0
82

Purwokerto – Cahunsoed.com, (Senin (1/12), Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unsoed, Pramono Hariadi, mengatakan, selama ini pengurusan imigrasi mahasiswa asing di FEB dilakukan oleh pihak fakultas. Ia mengeluhkan pihak Unsoed yang bersikap acuh tak acuh dalam proses imigrasi mahasiswa asing ini. “Di Unsoed udah ada lembaga internasionalnya, masa harus kita (red:fakultas) lagi yang mengurusnya,” katanya. Ia mengaku pihaknya keteteran bila harus mengurus proses mendatangkan mahasiswa asing dari awal sampai akhir. “Itu jelas menambah pekerjaan kita, nambah biaya pula. FEB kan fakultas yang jumlah mahasiswa asingnya terbanyak. Kalau Unsoed mau go international jelas kita perlu dukungan penuh,” tambahnya lagi. (Baca: Unsoed Tidak Sportif, Suporter Minta Maaf)

Sementara menurut Direktur International Relation Office (IRO), Suprayogi, IRO memang memiliki beberapa tugas yang berkaitan dengan hubungan internasional dengan pihak luar negeri seperti publikasi, promosi kepada pihak asing, mencari dana dari luar negeri, dan juga memfasilitasi program pertukaran mahasiswa. Namun, dalam menangani proses imigrasi IRO hanya berperan membantu saja, “Kalau fakultas masih bisa mengurus sendiri ya diurus sendiri,” kata Suprayogi.

Dalam Sosialisasi Peraturan Imigrasi untuk dosen, mahasiswa dan tenaga kependidikan di Universitas Jenderal Soedirman yang lalu, Unsoed pernah ditegur oleh Kantor Imigrasi Cilacap karena mahasiswa asing yang terdaftar di Unsoed banyak yang terlambat mengurus registrasi. Umumnya mereka terlambat mengurus perpanjangan izin tinggal (overstay). “Biasanya karena belum bisa membedakan antara izin tinggal dan visa. Kampus harus jeli memperhatikan hal ini,” kata Kepala Sub Seksi Status Keimigrasian Kantor Imigrasi kelas II Cilacap, Desyana Haryati. (LRS/ICA)

SHARE
Previous articleUnsoed Tidak Sportif, Suporter Minta Maaf
Next articleMahasiswa Menolak Kenaikan Harga BBM
Cahunsoed.com adalah Portal Berita Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) SOLIDARITAS Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Purwokerto yang menyajikan berita dan kejadian-kejadian seputar dunia kampus, pendidikan, pemuda, kreativitas, serta berita seputar Banyumas. Selain itu, kami senantiasa menjadi “watch dog” atau kontrol kuasa atas kebijakan-kebijakan kampus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here