Teater Mahasiswa Harus Menjadi Wadah Gerakan dan Penyadaran Masyarakat

0
5
Cahunsoed.com – Purwokerto, Sabtu (19/05), Teater mahasiswa harus menjadi wadah gerakan dan penyadaran masyarakat. Hal ini lah yang menjadi topik dalam diskusi ‘Aksiologi Teater Dalam Pancaroba Politik.’  Diskusi yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) MPO bekerjasama dengan Teater Sianak ini mencoba mengangkat hakikat seni teater khususnya teater kampus yang diisi oleh mahasiswa.

“Selain sebagai wahana olahrasa, vokal, dan gerak. Teater secara hakikat adalah wadah penyadaran,”  ujar Anang Fahmi, pembicara dalam diskusi.

Selain itu, ia juga menjelaskan jika teater kampus harus peka terhadap isu-isu sosial. Sebagaimana runtutan sejarah awal munculnya teater-teater di Eropa dulu. “Teater bukan tempat untuk menjadi artis,” tambah Anang Fahmi.

Ia pun menjelaskan lebih lanjut, jika posisi teater harus tidak terserabut dari lingkungan sekitarnya. “Mustinya kita harus melibatkan banyak pihak, agar tidak menjadi menara gading, akan tetapi menjadi menara api yang siap membakar semangat perjuangan,” kata Anang.

Namun, fungsi teater hari ini dirasa kurang begitu bersentuhan langsung dengan keadaan masyarakat. Perihal ini, diungkapkan oleh Wildanshah, salah seorang penikmat seni gerak, atau teater. “Nyatanya  kita tidak melihat teater sebagai sebuah wadah pergerakan dan pemikiran, melainkan teman-teman teater kampus terkadang lebih berlomba untuk memikirkan estetikanya saja,” kata Wildansah.

Pertanyaan seperti ini, sebenarnya menjadi otokritik terhadap teman-teman pegiat teater kampus. Pernyataan ini pun diamini oleh Anang  Fahmi dan pegiat teater yang lain.

“Saat ini teman-teman teater kampus sedang menghidupkan kembali kerja kolektif antar teater kampus, agar teater kampus bisa mengangkat isu sosial yang ada di masyarakat, dan fungsi teater sebagai alat pergerakan bisa dirasakan lagi oleh teman-teman diluar teater,” ungkap Oki Mustofa, selaku pegiat teater kampus. (Akbr/Denaya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here