Sosialisasi Pilkada Serentak, KPU Ajak Mahasiswa Jadi Pemilih Aktif

0
85

Reporter: Nabilah Agil, Erina Meila H.

Purwokerto, Cahunsoed.com– Kamis (5/4), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah mengadakan sosialisasi Pilkada serentak di Aula Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Jendral Soedirman (Unsoed), Rabu (4/4) kemarin. Sosialisasi KPU Goes To Campus mengusung tema ‘Mewujudkan Pilkada Serentak 2018 yang berkualitas dan berintegritas’.

Menyoal pemilih pemula, Ketua KPU Jawa Tengah, Joko Purnomo, mengatakan 84% pemilih pemula yang merupakan mahasiswa diajak untuk menggunakan hak suaranya dalam pilkada serentak mendatang.

“Mahasiswa itu harus ikut memilih karena pilihan dalam pilkada akan memengaruhi pemimpin kedepannya,” katanya.

Dekan FISIP, Djarot Santoso, mengatakan sosialisasi yang dilakukan KPU Jawa Tengah merupakan salah satu langkah untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada pilkada serentak tahun 2018. Menurutnya, mahasiswa juga berperan penting dalam menentukan pemimpin yang berkualitas.

“Mahasiswa harus siap menghadapi pemilu dan mampu menggunakan akal sehatnya untuk memilih pemimpin yang mempunyai kapabilitas,” katanya.

Salah satu peserta yang menyambut baik sosialisasi KPU, mahasiswa Ilmu Politik 2016, Novan Dwi Susanto, mengatakan mahasiswa juga dapat mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam pemilihan umum.

“Mahasiswa harus menjadi garda terdepan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat,”

KPU Jawa Tengah mengajak seluruh mahasiswa untuk menjadi pemilih aktif pada Pilkada serentak Tahun 2018. Sosialisasi pun diharapkan mampu meningkatkan partisipasi mahasiswa dalam memilih pemimpinnya. (Fadhillah Eldo Abimanyu)

Editor: Supriyatin

 

SHARE
Previous articleFPIK Gagal Miliki Sekretariat Bersama
Next articleNelayan Indonesia: Sejahtera atau Menderita?
Cahunsoed.com adalah Portal Berita Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) SOLIDARITAS Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Purwokerto yang menyajikan berita dan kejadian-kejadian seputar dunia kampus, pendidikan, pemuda, kreativitas, serta berita seputar Banyumas. Selain itu, kami senantiasa menjadi “watch dog” atau kontrol kuasa atas kebijakan-kebijakan kampus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here