Sistem Barcode Kurangi Terjadinya Kecurangan

0
277

Purwokerto – Cahunsoed.com, Senin (15/04), sistem soal barcode yang digunakan dalam Ujian Nasional tahun ini mengurangi kecurangan dalam mengerjakan soal ujian. Hal ini dijelaskan oleh Khairul SR Broto, ketua panitia pengawas UN Sub Rayon 4 SMK Kabupaten Banyumas. “Buat curang itu susah, macam soalnya saja banyak,” Tutur Khairul.

Khairul juga menjelaskan jika dalam ujian nasional kali ini, menggunakan 20 macam barcode soal, dan terdapat 15.000 varian soal. Sehingga, jika terjadi kebocoran akan susah bagi siswa menerima jawabannya.

“Jika pun memang ada kebocoran, mungkin itu bocor lewat percetakanya,” tegasnya.

Dwi Merdekawati, siswa SMK N 1 Purwokerto juga beranggapan serupa. “iya, sistemnya sih bagus, dengan begini siswa jadi tertantang buat ngerjain soal sendiri,” Jelas Deka. (dyla)

SHARE
Previous articleJam Malam Kampus, Hambat Kegiatan Mahasiswa
Next articleKereta Puisi Si Anak, Bangkitkan Giroh Berpuisi FISIP
Cahunsoed.com adalah Portal Berita Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) SOLIDARITAS Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Purwokerto yang menyajikan berita dan kejadian-kejadian seputar dunia kampus, pendidikan, pemuda, kreativitas, serta berita seputar Banyumas. Selain itu, kami senantiasa menjadi “watch dog” atau kontrol kuasa atas kebijakan-kebijakan kampus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here