Rektor Mendatang Dituntut Selesaikan Warisan Permasalahan

0
102

“Pemimpin Silih Berganti, Warisan Masalah Menjadi Pekerjaan Rumah Rektor Nanti”

Reporter: Fildzha Rani, Hendrawan Ilham, Galang Kris Nanda, Supriyatin

Purwokerto – Cahunsoed.com

, Rabu (24/1), Proses Pemilihan Rektor (Pilrek) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) periode 2018-2022 memasuki tahap pendaftaran bakal calon rektor.  Beberapa harapan datang, untuk Rektor Unsoed terpilih pada April mendatang.

Akreditasi Unsoed Terus Menurun

Berdasarkan data Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), pemeringkatan Unsoed mengalami penurunan yang signifikan dari tahun 2015-2017.

Peringkat umum pada tahun 2015 yang sempat menduduki 16 besar turun menjadi peringkat 25. Bahkan pada tahun 2016 peringkat Unsoed terjun bebas dari peringkat 16 jatuh ke 30.

Poin di bidang kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) juga mengalami penurunan, dari 3.34 ke 3.15. Serta poin Penelitian dan Publikasi, menurun dari 1.6 ke 1.45. Minimnya dana kemahasiswaan tanpa ada dukungan maksimal dari pihak kampus pun berimbas pada kegiatan mahasiswa yang mengalami penurunan dari 0.5 ke 0.22.

Unit BLU yang Bermasalah

Dosen Pertanian Unsoed yang juga menjabat Ketua LPPM, Suwarto, mengatakan pekerjaan rumah yang mendasar seperti Badan Layanan Umum (BLU) belum dikelola dengan baik.

“Di situ tantangannya, gimana meningkatkan kualitas  proses pembelajaran Unsoed ditengah keterbatasan anggaran belanja,” katanya saat ditemui di ruang kerjanya, kantor LPPM Unsoed.

Beberapa masalah manajemen pengurusan unit BLU, seperti Jalan Gor Soesilo Soedarman (Gor SoeSoe) yang masih rusak (baca juga: Jalan GOR Soe Soe Rusak Parah, UNSOED Tidak Punya Duit) dan manajemen Unit Pelaksanaan Teknis Bahasa yang sempat diprotes mahasiswa (baca juga: Pimpinan Universitas Tak Mau Audiensi, Mahasiswa Bertahan di Rektorat).

Lab Terpadu FEB Unsoed
(Cahunsoedcom/Fauzi Akmal Dhiatama)

Harapan datang dari Mahasiswa Fakultas Hukum Unsoed 2013, Rizky B Aritonang, meminta agar rektor nanti serius dalam mengkaji Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan bisa demokratis kepemimpinannya.

“Peninjauan sistem UKT harus benar-benar detail penghitungan Unit Costnya (UC) dan melibatkan mahasiswa juga,” katanya saat ditemui di pelataran Gedung Yustisia 3.

Harapan lain juga datang dari Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Unsoed 2014, SAM Yunandaru Gagah Raka Dewangga, menuntut agar Rektor Unsoed memperjelas gedung Laboratorium FEB Unsoed tujuh lantai yang hingga saat ini tidak digunakan. “Gedung yang mangkrak itu diperjelas lah, biar bisa dipake sesuai fungsinya,” katanya.

Salah satu Dosen Pertanian, Totok Agung Dwi Haryanto mengiyakan permasalahan di atas. “Buktinya di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, akreditasi PTN yang paling rendah itu Unsoed,” kata Totok.

Ia juga mengatakan publikasi internasional tergolong rendah, lantaran manajemen publikasi masih belum dikelola dengan baik. Sehingga berimbas pada kualitas SDM yang masih kalah jauh jika ingin bersaing dikancah internasional.

Melihat permasalahan Unsoed yang kompleks, Totok mengatakan diperlukan pemimpin yang bisa mewakili seluruh komponen kampus dan memiliki wawasan luas.

“Tidak bisa pimpinan itu sektarian atau mewakili suatu kelompok dan ideologi tertentu saja. Spirit rektor sekarang harusnya dari guru besar,” kata Totok yang kini menjabat Direktur Program Pascasarjana sekaligus Guru Besar Fakultas Pertanian Unsoed.

Melihat Unsoed yang mengalami penurunan pemeringkatan dari tahun ke tahun, perlu diperhatikan manajeman dan kualitas sumber daya manusianya.

“Mulai dari rekrutmen SDM saja ada aturan yang dilanggar, itu harus dibenahi. SDM dalam bekerja juga harusnya karena motivasi, bukan uang,” kata Loekas Soesanto, Dosen sekaligus Guru Besar Fakultas Pertanian Unsoed.

Ia juga menambahkan, sangat dibutuhkan pemimpin yang jujur, memiliki komitmen dalam meningkatkan kondisi Unsoed ke depannya, memiliki wawasan yang luas dan bisa menjalin kerjasama dengan Perguruan Tinggi lain bahkan hingga tingkat Internasional. (Galang Kris Nanda)

Editor: Supriyatin

SHARE
Previous articleJadwal Penjaringan Bakal Calon Rektor Molor
Next articleBakal Calon Rektor Unsoed Tolak Tuntutan Mahasiswa
Cahunsoed.com adalah Portal Berita Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) SOLIDARITAS Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Purwokerto yang menyajikan berita dan kejadian-kejadian seputar dunia kampus, pendidikan, pemuda, kreativitas, serta berita seputar Banyumas. Selain itu, kami senantiasa menjadi “watch dog” atau kontrol kuasa atas kebijakan-kebijakan kampus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here