Puluhan Seniman Purwokerto Gelar Aksi Mengenang Soetedja

0
81

Purwokerto – Cahunsoed.com, Jumat, (27/3), Puluhan seniman Purwokerto gelar panggung pementasan kenang Soetedja, menjelang eksekusi pembongkaran Gedung Soetedja April nanti. Gelaran aksi dengan tema, ‘Dhungkar Soetedja’ bertujuan sebagai bentuk protes para pegiat seni Purwokerto atas penghilangan simbol aktivitas seni di Purwokerto. Hal tersebut di utarakan oleh Koordinator Acara, Anung Soemargo.

“Meskipun seniman bisa melakukan aktifitas seni dimanapun, tapi ketika salah satu simbol kesenian bersejarah ini (red: Soetedja) dirobohkan, para pegiat seni pastinya tak memiliki simbol dan sejarah lagi nanti,” kata Anung.

Selain Anung, Muhammad Iskandar, salah satu peserta gelaran juga menyangkan terbengkalainya gedung tersebut dan tak di izinkan untuk di manfaatkan sampai dibongkar. menurut Iskandar, pemerintah kabupaten seharunya memberikan ruang baru yang tepat guna. “Artinya, ketika memang akan dibangunkan ruang baru, pemerintah harus benar-benar memfasilitasi, tidak malah menyusahkan para seniman untuk mendaatkan fasilitas” kata Iskandar.

Dalam acara tersebut menampilkan beragam kegiatan seni mulai dari musikalisasi, pementasan teatrikal yang dipentaskan oleh teater kampus, cowongan, hingga pantomim. Para seniman, satu persatu menampilkan aksi panggung mereka atas keresahan pembongkaran Gedung Soetedja. (MG-IFN)

SHARE
Previous articlePenyalahgunaan Amdal Dalam Pembangunan
Next articleMusik Warnai Aksi Tolak Kenaikan Harga BBM
Cahunsoed.com adalah Portal Berita Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) SOLIDARITAS Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Purwokerto yang menyajikan berita dan kejadian-kejadian seputar dunia kampus, pendidikan, pemuda, kreativitas, serta berita seputar Banyumas. Selain itu, kami senantiasa menjadi “watch dog” atau kontrol kuasa atas kebijakan-kebijakan kampus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here