Proses Singkat Perumusan Uang Pangkal

0
665
Banner Penolakan Uang Pangkal Mahasiswa Universitas Jendral Soedirman (Cahunsoed.com/Fildzha Rani)

Purwokerto- Cahunsoed.com, Jumat (7/7), Rektor Universitas Jenderal Soedriman memberlakukan kebijakan uang pangkal pada jalur mandiri Tahun Ajaran 2018/2019. Berdasarkan Surat Keputusan Rektor No. 945/UN23/PP.01.00/2018, terlampir nominal uang pangkal yang terbagi menjadi lima level. Nominal tersebut ditentukan dalam waktu sangat singkat oleh masing-masing fakultas atas desakan pihak rektorat. Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Universitas Jenderal Soedirman, Hibnu Nugroho,  mengatakan bahwa masing-masing fakultas diberikan wewenang dalam menentukan rincian anggaran uang pangkal.

“Wewenang dalam penentuan uang pangkal kita serahkan ke masing-masing fakultas,” katanya.

Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unsoed, Muslih Faozanudin, mengkonfirmasi bahwa pihak rektorat mendesak tiap fakultas untuk segera mengirimkan nominal uang pangkal yang akan diterapkan di fakultasnya. Karena desakan tersebut, akhirnya Fisip dengan segera mengirimkan nominal uang pangkal dengan perumusan seadanya.

“Iya kita cuma dikasih waktu dua hari untuk menyusun nominal uang pangkal yang mau diterapkan” Katanya.

Parahnya, di Fakultas Ilmu Budaya Unsoed tidak ada perumusan nominal uang pangkal yang terbaru. Nominal uang pangkal yang diterapkan di Fakultas Ilmu Budaya Unsoed saat ini merupakan rancangan 2016, yang sempat gagal diterapkan. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan Fakultas Ilmu Budaya Unsoed, Ely Triasih Rahayu.

“Kita memakai perumusan uang pangkal tahun 2016, karena tahun ini belum melaksanakan RAK lagi,” katanya.

Mahasiswa Administrasi Negara 2016, Budhi Pranowo, mengatakan bahwa uang pangkal memberatkan mahasiswa baru yang ingin mendaftar melalui jalur mandiri. Karena nominal yang diterapkan sangat tinggi dan tidak jelas asalnya dari mana.

“Iya, adanya uang pangkal itu memberatkan mahasiswa baru yang mau masuk melalui jalur mandiri” katanya.

Saat ini pendaftaran tes jalur mandiri Unsoed non tulis akan ditutup pada tanggal 9 Juli 2018. Nominal uang pangkal yang sudah dipilih oleh mahasiswa baru pada saat pendaftaran sudah tidak bisa diganti lagi. Saat dinyatakan lulus tes mandiri, maka pembayaran uang pangkal dilakukan pada saat registrasi fisik sesuai dengan nominal yang dipilih pada saat registrasi Ujian Mandiri. Jika pendaftar tidak bisa membayar nominal yang telah dipilih saat registrasi fisik, akan digugurkan sebagai calon mahasiswa baru Unsoed.

Reporter : Fauziyah Hanifah, Erina Meila Hardianti, Arfiah Ramadhanti, Nabilah Agil Herwita

Penulis : Fildzha Rani Nuryaningtyas

Editor : Fadillah Eldo Abimanyu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here