Pindah Tempat, Sekretariat FISIP akan Lebih Tertata?

0
1189
Suasana sekretariat yang rencananya akan dilakukan pemindahan (Cahunsoedcom / Farhan Fauzi)

Purwokerto – Cahunsoedcom, (18/01) Setelah diresmikannya gedung baru di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Sekretariat Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan Himpunan Mahasiswa (HIMA) bakal menempati rumah baru.

Hal tersebut dibenarkan Luthfi Makhasin, selaku Wakil Dekan Bidang Akademik yang diwawancarai via Whatsapp pada 10 Januari 2021. “Menurut perencanaan, gedung sekretariat UKM dan HIMA akan dipindah ke gedung yang dulunya menjadi jurusan Administrasi Publik. Gedung sekretariat lama akan dialih fungsikan untuk pengembangan pascasarjana Ilmu Politik,” tuturnya.

Terkait penataan ruang, pihak kampus telah melakukan sosialisasi yang dilakukan secara daring ke mahasiswa pada Jum’at, (15/01). Alasan utama pemindahan  karena bekas gedung jurusan Administrasi Publik memiliki luas lebih dari 360m², kecepatan internet yang mumpuni, dan dekat dengan lokasi parkir mahasiswa yang akan diperluas.

Tri Wuryaningsih, selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan menambahkan alasan lain pemindahan gedung sekretariat.

“Selama ini sekretariat UKM selalu identik dengan kumuh, tidak tertata, tidak rapi, dan banyak komplain dari dosen. Jadi kalau di depan sana terkontrol, sehingga kita tempatkan di depan dengan harapan akan lebih baik, rapi, dan tertata,” tuturnya.

Gedung sekretariat yang baru nantinya bukan semata-mata sebagai tempat berkumpulnya berbagai lembaga kemahasiswaan dan organisasi kemahasiswaan, melainkan pula sebagai tempat untuk menampung segala aktivitas dan aspirasi mahasiswa karena adanya working space untuk bersama. Rencananya, dalam satu ruang ada beberapa gawai yang dapat digunakan bersama sehingga, interaksi antar UKM dan HIMA lebih intens dan terbuka.

Ketua UKM Relasi Moesik FISIP (Remoef), Firza Dinar mengatakan terkait pemindahan sekretariat UKM dan HIMA. “Menurut saya pribadi kalau mungkin fakultas menganggarkan lagi dan bisa membangun lebih baik lagi yang nantinya dapat bermanfaat dan mungkin lebih nyaman tidak masalah, walaupun harus beradaptasi lagi. Cuma nantinya ketika dipindah dan tidak terurus disana, saya tidak setuju,” tutur mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi itu.

Pemindahan gedung lama ke gedung baru ini direncanakan pada semester mendatang. Sebagai Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan, Tri Wuryaningsih juga menambahkan, “Karena memang ini masih daring juga. Aktivitas kan masih daring, dan pemindahan itu juga terkait penganggaran yang butuh proses cukup lama dari pusat,” Lebih lanjut Luthfi Makhasin juga mengamini apa yang disampaikan Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan.

“Menunggu finalisasi anggaran disetujui oleh rektor. Rancangan desain, penentuan rekanan pelaksana, dan pelaksanaan pekerjaan menjadi bagian yang penting juga” tuturnya.

 

Reporter : Farhan Fauzi, Utera Fijar

Penulis : Farhan Fauzi

Editor : Arfah Maulidiyah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here