Pembongkaran PG Kalibagor Langgar Undang Undang Cagar Budaya

0
492
PG sebelum di bongkar. Sumber photo: Banjoemas.com

Purwokerto – Cahunsoed.com, Minggu (12/4), Pembongkaran Pabrik Gula kalibagor (PG Kalibagor) yang sedang berlangsung saat ini dinilai menyalahi aturan perundang undangan. Hal ini di katakan oleh Imam Hamidi Antasalam, Pamong Budaya Nasional Kemendikbud RI.  Hal tersebut Ia katakan dalam diskusi dan kajian bersama dengan mahasiswa, di kampus FISIP Unsoed.

“Ini sudah menyalahi aturan perundangan secara menyeluruh, yakni Undang Undang Nomor 11 Tahun 2010 Tentang Cagar Budaya,” kata Imam.

Dalam aturan perundangan tersebut, berdasarkan analisis Imam, penyalahan aturan ini secara khusus terdapat  dalam paragraf 3 pasal 81, tentang revitalisasi. Penyalahan aturan ini bisa mendapatkan sanksi pidana yang juga di atur dalam undang undang tersebut.

Doc Istimewa ; Wiwit @Banyumase

Selain Imam, Jatmiko W salah satu pegiat Komunitas Heritage Banyumas, juga menilai jika Banyumas tidak bisa menjadi contoh dalam melestarikan budaya.  “Bangunan PG Kalibagor, sudah teregristasitrasi sebagai benda cagar budaya sejak tahun 2009 oleh Pemda Banyumas, aneh kalo pemda mengizinkan pembongkaran,” kata Jatmiko.

Menanggapi hal ini, salah satu mahasiswa yang juga tergabung dalam diskusi, Ragil Chandra, menyayangkan sikap pemerintah. Ragil mengkhawatirkan jika nantinya benda budaya yang lain juga akan dimusnahkan. (Qyu)

SHARE
Previous articleMenolak Pelatihan Militer di Tanah Urutsewu
Next articleHasil Audiensi Sepihak, Gor Soesoe Disegel
Cahunsoed.com adalah Portal Berita Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) SOLIDARITAS Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Purwokerto yang menyajikan berita dan kejadian-kejadian seputar dunia kampus, pendidikan, pemuda, kreativitas, serta berita seputar Banyumas. Selain itu, kami senantiasa menjadi “watch dog” atau kontrol kuasa atas kebijakan-kebijakan kampus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here