Pembangunan Gedung Tiga Lantai Mulai Dilakukan

0
24
Gedung yang akan dirobohkan sebelum pembangunan gedung tiga lantai. (Cahunsoedcom / Erina Meila H)

Purwokerto, Cahunsoed.com – Jumat (19/07), Setelah 7 tahun tertunda, pembangunan gedung tiga lantai di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) akhirnya tidak sekedar wacana. Gedung yang semula digunakan Jurusan Ilmu Komunikasi dan Pascasarjana Sosiologi sudah mulai dirobohkan.

Menurut Dekan FISIP, Djarot Santoso, rencananya gedung tersebut akan digunakan untuk ruang kuliah, ruang seminar, pelayanan akademik dan ruangan dosen yang terintegrasi. “Gedung tersebut rencananya akan digunakan untuk ruang kuliah, ruang seminar, pelayanan akademik dan ruangan dosen yang terintegrasi dalam satu kompleks. Namun mengenai peruntukkannya, masih dalam pembahasan lebih lanjut karena bisa saja berubah,” katanya.

Wakil Dekan 1 sekaligus Ketua Tim Tata Ruang FISIP, Luthfi Makhasin, menjelaskan gedung tersebut dibangun atas kebutuhan sarana dan prasarana yang memadai agar sesuai standar yang diberlakukan oleh Kemenritekdikti.

“Jika dibandingkan fakultas lain, sarana dan prasarana di FISIP masih minim. Bahkan ruang perkuliahan yang ada, tidak memenuhi standar minimal dari Kemenristekdikti,” katanya.

Baca juga : https://cahunsoed.com/fisip-ajukan-anggaran-gedung-tiga-lantai/

Ia menambahkan, pembangunan ini merupakan persiapan fisip untuk program pengembangan fisip tahun 2020. Oleh karena itu, Jurusan Ilmu Komunikasi dan Pascasarjana dipindahkan sementara ke beberapa ruangan.

“Sejak bulan Mei, kedua gedung tersebut telah dikosongkan dan dipindahkan sementara ke ruang 1, ruang 6, ruang 2A dan 2B sebagai bentuk persiapan. Keterbatasan lahan membuat pembangunan gedung baru perlu mengganti gedung yang lama,” katanya.

Mengenai anggaran, Wakil Dekan 2, Wahyuningrat, tidak mengetahui besaran anggaran yang diperlukan karena masih dalam tahap penyesuaian. “Saya kurang tahu berapa anggaran tepatnya. Lagipula masih dalam tahap penyesuaian, pengajuan gedung ini sejak tahun 2012 maka daftar harga kebutuhannya pun sesuai dengan tahun tersebut sehingga perlu disesuaikan dengan harga pada tahun ini,” katanya.

Wajah finishing tampak selatan pembangunan gedung tiga lantai

Mahasiswa Ilmu Komunikasi 2016, Arviandi Hakim, mengatakan banyak mahasiswa yang belum mengetahui pembangunan gedung tersebut sehingga perencanaan dan persiapan pembangunan perlu disiapkan matang.

“Sebaiknya perencanaan dan persiapan perlu disiapkan matang. Rencana pembangunan ini sudah lama tetapi sosialisasinya masih banyak yang belum tahu. Jadi, secara administratif agak terganggu karena ketidaktahuan perpindahan sementaranya itu kemana saja,” katanya.

Ia berharap dengan adanya gedung tersebut akan lebih memfasilitasi mahasiswa. “Semoga dengan dibangunnya gedung tersebut dapat lebih memfasilitasi mahasiswa dan membuat kampus FISIP lebih nyaman,” katanya.

Reporter : Adhytia Mahendra, Andrian Fauzan G, Erina Meila H

Penulis : Erina Meila Hardianti

Editor : Fildzha Rani N

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here