Pembagian Jadwal Perkuliahan FISIP Tidak Efektif

0
11
Jadwal Mata Kuliah MPS (sumber: Akademik.unsoed.ac.id)
Purwokerto – Cahunsoed.com, Rabu (9/9), Pembagian jadwal perkuliahan untuk mahasiswa FISIP tahun ajaran baru 2015/2016 dinilai tidak efektif. Seperti yang terjadi pada jadwal perkuliahan Jurusan Ilmu Komunikasi angkatan 2013. Mata kuliah Metodologi Penelitian Sosial dijadwalkan pada malam hari. Kelas malam ini mendapat keluhan dari mahasiswa. Salah satu mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi angkatan 2013, Andika Fachrial, menganggap kuliah malam menghambat efektivitas belajar mengajar, “Kuliah malem ngga efektif malah bikin ngantuk,” katanya.

Hal tersebut merupakan faktor ketidaksiapan fakultas dalam menampung mahasiswa baru yang tidak sesuai perkiraan. Seperti yang dikatakan Kasubbag Pendidikan, Sugito, ia mengakui kelas malam ini karena keterbatasan ruangan yang ada di FISIP. “Mahasiswa baru membludak, tiap jurusan banyak yang dibagi dua kelas tapi ruangannya kan terbatas, jadi ada yang kebagian kelas malam,” kata Sugito.

Terkait hal tersebut, Wakil Dekan I Bidang Akademik, Joko Santoso saat ditemui pada minggu pertama perkuliahan, pun mengakui kekacauan pembagian kelas yang terjadi di minggu pertama kuliah. Menurutnya, hal ini akibat jumlah ruangan tidak dapat menampung kuota mahasiswa baru yang melebihi perkiraan, “Minggu pertama masih kacau, begitu juga dengan ruangan yang masih kacau,” ujarnya.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Wakil Dekan I menjanjikan jadwal baru akan segera dibuat. “Setelah ini akan ada perubahan jadwal dan ruangan,” kata Joko Santoso. Namun, Joko tidak menyebutkan pastinya kapan jadwal akan diperbaiki. Sampai minggu kedua perkuliahan, jadwal perkuliahan dan pembagian ruangan masih belum berubah. (TRI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here