Minim Peminat di SNMPTN, 2011 UNSOED Tetap Buka Jalur Lokal

0
7

Penerimaan mahasiswa baru angkatan 2011 UNSOED tetap membuka jalur lokal. Hanya saja tahun ini jalur lokal dibagi dua jalan, yakni SPMB dan undangan. SPMB (jalur gelombang)  hanya ada satu, sedangkan undangan diatur melalui mekanisme nasional dan lokal. Jalur SPMB yang dikenal ‘lintah darat’ karena mahal ini akan dilaksanakan setelah SNMPTN. Begitupun yang lewat jalur undangan lokal. Masih minimnya peminat SNMPTN yang ke- UNSOED tahun lalu, membuat UNSOED belum berani menerima mahasiswa hanya dari jalur nasional. Kecuali jika sudah seperti Universitas Gadjah Mada ataupun Universitas Indonesia yang telah diujung menara gading.

“Jalur lokal baik tertulis dan undangan diadakan setelah SNMPTN. Hal ini untuk menyiasati agar terjadi kasus double penerimaan, contohnya dulu seringkali ada calon mahasiswa yang diterima dijalur lokal dan juga nasional. Ini kan menghilangkan jatah orang lain. Makanya sekarang hanya ada satu gelombang, yang itu dilakukan setelah SNMPTN. Semata-mata ini untuk menutup total kuota penerimaan mahasiswa UNSOED yang tidak terpenuhi di SNMPTN. Tahu sendirilah UNSOED, jelas beda UNSOED dengan UGM atau UI,” jelas Ari, staff Bapendik Pusat.

Data yang berhasil dihimpun, jalur undangan nasional pendaftaran mulai 2 Februari dan lokal 6 Juni. Selanjutnya untuk SNMPTN tanggal 2 Mei dan SPMB lokal 1 Juli. (MG,CHX)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here