Meninjau Pelaksanaan Program Magang MBKM di Unsoed

0
141
Photo by Fauxels from Pexels

Genap setahun setelah kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) diluncurkan oleh Kemdikbud RI, Universitas Jendral Soedirman (Unsoed) akhirnya mulai mengimplementasikan salah satu programnya, magang/praktik kerja, secara bertahap ke dalam masing-masing fakultas. Namun, program MBKM magang di Unsoed masih bermasalah, terutama dalam hal sosialisasi.

Mahasiswa Administrasi Publik 2018, Adel, menceritakan kondisi sosialisasi yang tidak berjalan mulus, ia mengaku bahwa dirinya tidak mengetahui detail informasi mengenai program magang MBKM lantaran kurangnya sosialisasi yang diberikan terhadap mahasiswa.

“Masalah yang sering timbul yaitu komunikasi antara pihak kampus dan instansi. Masih terjadi misscom, lalu, persiapan yang dilakukan menurut saya kurang, terutama untuk teknis, seperti perjanjian kerja sama, laporan magang, dan lain-lain,” tutur Adel.

Selain itu, Presbem Fakultas Peternakan Unsoed, Yusup Supriatna, mengungkapkan sosialisasi MBKM magang dirasa tidak efektif. “Untuk sosialisasi memang dari pihak birokrasi benar-benar mengalami kesulitan. Apalagi banyak sekali hal-hal yang dilakukan oleh pihak birokrasi yang sulit menyentuh mahasiswa,” katanya.

Yusup menambahkan bahwa sosialisasi di Fapet hanya dilakukan sekali melalui platform Google Meet dan aplikasi Telegram untuk koordinasi. “Jadi untuk program sebesar ini menurut saya sangat mini dalam hal penginformasian dan sosialisasinya,” pungkas Yusup.

Kepala Jurusan Administrasi Publik FISIP Unsoed, Alizar Isna, mengaku bahwa dirinya kurang memahami informasi teknis mengenai regulasi universitas dan proses perencanaan terkait program magang MBKM. “Korprodi yang selalu ikut rapat-rapat daring dengan universitas membahas detail pelaksanaan MBKM,” dalihnya.

 

Reporter: Alpranola Azzahra, Anisa P M C, Rafli Nugraha, Muhammad Hanan F, Muhammad Zein

Penulis: Muhammad Hanan Fahrezi

Editor: Anisa P M C

SHARE
Previous articleSekian Lama Tak Berpenghuni, Beginilah Keadaan Kampus Kami
Next articleAku Berhak Meminta Hak
Cahunsoed.com adalah Portal Berita Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) SOLIDARITAS Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Purwokerto yang menyajikan berita dan kejadian-kejadian seputar dunia kampus, pendidikan, pemuda, kreativitas, serta berita seputar Banyumas. Selain itu, kami senantiasa menjadi “watch dog” atau kontrol kuasa atas kebijakan-kebijakan kampus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here