Mahasiswa Unsoed Menolak Kenaikan UKT

0
7

Purwokerto – Cahunsoed.com, Selasa (22/3), Ratusan mahasiswa Unsoed yang tergabung dalam Keluarga Besar Mahasiswa Unsoed (KBMU), melakukan aksi “Sambut Menteri Nasir”, Senin (21/3) kemarin. Aksi ini dilakukan di depan Rektorat Unsoed ditujukan untuk menyambut kedatangan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Mohamad Nasir.


Dalam Aksinya mereka menuntut terkait permasalahan sistem pendidikan dengan banyaknya aturan-aturan menteri yang dirasa memberatkan mahasiswa. Tuntutan mahasiswa antara lain, menolak kenaikan UKT dan penambahan level untuk angkatan 2016, penuhi kuota 20% untuk bidikmisi, hilangkan bentuk-bentuk represifitas di kampus, serta transparansi penyelenggaran sistem pendidikan di Indonesia. “Ini sebagai bentuk kekecewaan kami terhadap lembaga pendidikan yang semakin tidak transparan,” kata Koordinator Aksi, Adhyatma Ryanto.

Salah satu mahasiswa yang tergabung dalam aksi yakni Mahasiswa Ilmu Gizi 2014, Salwa, mengaku merasa keberatan dengan level UKT yang terus naik. “Nominal yang sekarang aja 5,5 juta, gimana nanti kalo nambah level, ngga kebayang lah,” katanya.

Menurut Surat Undangan dari Kemenristekdikti No.2949/UN23/TU00.01/2016 jadwal pertemuan seharusnya diadakan di Ruang Rapat Rektorat lantai I dengan Agenda Audiensi. Namun, menurut salah satu satpam rektorat, menteri Nasir tak jadi datang. “Jadwal pertemuan tiba-tiba diubah, jadinya di hotel Aston” katanya.

Ryan menyayangkan absennya menteri dalam pertemuan ini. Ia menyayangkan sikap menteri menghindari mahasiswa yang ingin menyampaikan aspirasinya. “Ini adalah bukti, hari ini sistem pendidikan yang hari ini berjalan tidak berdasarkan aspirasi masyarakat,” katanya.

Aksi ditutup dengan penandatangan petisi sebagai bentuk penolakan mahasiswa Unsoed terhadap praktik komersialisasi pendidikan, dan wujud solidaritas mahasiswa menentang segala permasalahan pendidikan di Indonesia.

(MG-ALD/MG-ELD/MG-IFA/MG-AGL)
Editor: Azzah Zulfa Maula, Triana Widyawati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here