Mahasiswa Gelar Aksi Solidaritas Untuk Petani

0
11
Seorang mahasiswa memegang bunga bertuliskan
‘Mari Berdoa Untuk Korban Kekerasan Negara!’
pada Malam Refleksi Aksi Solidarias Untuk Petani,
Rabu, (30/9)
Purwokerto – Cahunsoed.com, Kamis (1/10), maraknya aksi kekerasan terhadap petani belakangan ini, membuat sejumlah mahasiswa menggelar malam refleksi sebagai bentuk aksi solidaritas untuk petani. Bertempat di pertigaan Jl. Kampus, Purwokerto Utara, depan kampus FISIP Unsoed, puluhan mahasiswa membawa bunga sekaligus membacakan puisi serta orasi di hadapan pengguna jalan HR.Bunyamin, rabu malam, (30/9). Dalam puisi dan orasi yang dibawakan, sejumlah mahasiswa mengutarakan berbagai bentuk kekecewaan terhadap pemerintah terkait kasus kekerasan pada petani yang tak kunjung usai.

Kepala Bidang PTKP HMI Komisariat Fisip Unsoed, Imron Rosyadi menjelaskan bahwa aksi yang di lakukan bertujuan agar masyarakat tahu bahwa banyak kasus kekerasan yang semakin marak terjadi. “Kita metodenya pakai puisi plus musik dan bawa bunga, agar masyarakat tertarik dan melek kalau dunia tidak baik-baik saja,” katanya.

Puluhan mahasiswa duduk bersama memegang bunga
dengan berpuisi dan berorasi terkait kekerasan pada
masyarakat oleh Negara, Rabu (30/9)
Malam refleksi yang diadakan, mendapat antusias baik dari beberapa mahasiswa yang turut meramaikan aksi. Salah satu mahasiswa, Nael Huda, mengaku senang dapat ikut serta dalam aksi solidaritas untuk petani. “Keren, kompak, mahasiswa lain peduli dengan berbagai kasus, padahal pemerintah aja ngga peduli,” ujar mahasiswa Fakultas Biologi Unsoed 2012 ini.

Selain mendapat respon baik dari peserta aksi, aksi yang diadakan di depan angkringan Kang Mul, juga mendapat sambutan baik dari salah seorang konsumen, Pramudita Wiryawan, “Betul-betul apresiasi dengan model aksi yang dilakukan,” katanya. Selain itu, Pram yang juga mahasiswa Fakultas Peternakan 2013, berharap kedepannya mahasiswa terus tanggap terkait kasus-kasus ketidakadilan yang dialami masyarakat. “Selaku mahasiswa, kita harus memposisikan diri sebagai masyarakat,” katanya.


Acara malam refleksi yang diinisiasi oleh HMI Komisariat Fisip Unsoed, juga dihadiri beberapa organisasi kepemudaan Banyumas, diantaranya FMN Purwokerto dan HMI UMP serta mahasiswa-mahasiswa lainnya. Acara ditutup dengan pembagian bunga kepada pengguna jalan, sebagai bentuk keprihatinan. (FHR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here