Mahasiswa Baru Keluhkan UKT Mahal

0
119

Purwokerto – Cahunsoed.com, Minggu (6/7), Penetapan Uang Kuliah Tunggal (UKT) bagi mahasiswa baru 2014 dinilai tidak sesuai dengan kemampuan orang tua mahasiswa. Khadiga Yoga Pamilih Mahasiswa Managemen 2014 berujar UKT yang ia terima tidak sesuai dengan kondisi orangtuanya. Ia harus membayar Rp6.400.000 setiap semester. Padahal pendapatan perkapita orangtuanya hanya Rp300.000, dengan tanggungan tujuh orang anak. Dua hari setelah pengumuman, Khadiga sudah mengadukanya pada bagian kesekretariatan, namun tidak ada hasil yang memuaskan. “Katanya itu yang menentukan dari pusat,” ujar Khadiga.

Menteri Advokasi dan Kesejahteraan Mahasiswa BEM Unsoed, Affan Wirrotomo  membenarkan adanya keluhan itu. Ia mengungkapkan ada lebih dari empat puluhan mahasiswa baru yang mengeluhkan hal serupa, sesaat setelah registrasi ulang. Hampir secara keseluruhan, mahasiswa baru yang mengeluh adalah mahasiswa yang menerima UKT di level 7. “Rata-rata sama keluhannya,” kata Affan.

Dalam Forum Solidaritas Mahasiswa Unsoed (SOMASI UNSOED) juga dibahas terkait keluhan UKT ini. Novitasari, Tim Riset SOMASI UNSOED menjelaskan bila UKT Unsoed 2014 janggal secara perencanaan. “Tidak ada penghitungan yang jelas untuk penetapan UKT tahun ini,” katanya. Ia juga mengajak mahasiswa 2014 yang merasa tidak sanggup dengan beban UKT-nya untuk mengadukan ke tim SOMASI UNSOED. (RSK/ALX)

SHARE
Previous articlePara Pencinta Alam Kampanyekan Lindungi Ekosistem Pesisir
Next articleMenumbuhkan Cinta Kesenian Daerah Pada Pemuda
Cahunsoed.com adalah Portal Berita Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) SOLIDARITAS Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Purwokerto yang menyajikan berita dan kejadian-kejadian seputar dunia kampus, pendidikan, pemuda, kreativitas, serta berita seputar Banyumas. Selain itu, kami senantiasa menjadi “watch dog” atau kontrol kuasa atas kebijakan-kebijakan kampus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here