Konsolidasi Pemuda Desa Melalui Acara Kebudayaan

0
107

Purwokerto – Cahunsoed.com, Sabtu (19/4), Acara panggung rakyat yang diadakan di Desa Darmakeradenan Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas, bertemakan “Pemuda Tani Bergerak” bukan hanya acara musik belaka. melainkan ruang konsolidasi dan silaturahmi antar organisasi pemuda khususnya pedesaan di Ajibarang.

Menurut salah satu penyelenggara, Sucipto, metode menggunakan panggung ini digunakan sebagai pemantik awal agar pemuda desa mau bergabung bersama untuk bergerak menuntut hak-haknya atas konflik perampasan tanah di Darmakradenan, antara PT Rumpun Sari Antan dan Serikat Tani Amanat Penderitaan Rakyat (STAN AMPERA) yang sudah terjadi selama bertahun-tahun.

“Sejauh ini, kita melihat musik cukup efektif untuk menyampaikan pesan sosial, khususnya untuk pemuda,” katanya.

Acara yang diadakan oleh Front Mahasiswa Nasional dan STAN AMPERA serta dimeriahkan oleh Kilo Meter 15, Ampas Kopi, Komunitas Reggae Ajibarang (KRA) dan Soeara Perjoeangan Massa (SPAM), menurut Ahmad, sangat efektif mengundang pemuda dan warga sekitar desa untuk membangun konsolidasi.

 

Menurut Gaman Wahyudiana, salah satu personil Ampas Kopi mengatakan bahwa acara ini menjadi sarana yang baik untuk mengajak pemuda pedesaan memperjuangkan hak-haknya terutama sengketa tanah di Desa

 

 

Darmakeradenan. (Leo/MG.Didit)

SHARE
Previous articleTeater Mahasiswa Harus Menjadi Wadah Gerakan dan Penyadaran Masyarakat
Next articleHari Kartini, Perempuan Masih Belum Peduli Lingkungan
Cahunsoed.com adalah Portal Berita Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) SOLIDARITAS Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Purwokerto yang menyajikan berita dan kejadian-kejadian seputar dunia kampus, pendidikan, pemuda, kreativitas, serta berita seputar Banyumas. Selain itu, kami senantiasa menjadi “watch dog” atau kontrol kuasa atas kebijakan-kebijakan kampus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here