Kemenristek Seragamkan Nama Prodi Ilmu Administrasi Negara Menjadi Administrasi Publik

0
17
Gedung Jurusan Ilmu Administrasi Negara (Cahunsoed.com/Erina Meila H)

Purwokerto, Cahunsoed.com – Rabu (23/10), Prodi Ilmu Administrasi Negara (AN) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik telah berganti nama menjadi Administrasi Publik (AP), perubahan ini diberlakukan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI Nomor 906/KPT/I/2019 Tentang Perubahan Nama Program Studi Pada Universitas Jenderal Soedirman di Kabupaten Banyumas.

Ketua Jurusan Ilmu Administrasi Negara, Alizar Isna, mengatakan perubahan nama prodi dikarenakan ada arahan dari pusat. “Perubahan ini berdasar pada Keputusan Dirjen Belmawa No.46/B/HK/2019 salah satunya nama prodi administrasi negara diseragamkan menjadi administrasi publik. Karena ada perkembangan dalam bidang keilmuan, tapi hanya nama prodi dan gelar, sedangkan perubahan nama jurusan masih diajukan ke rektor,” katanya.

Surat Keputusan Kementerian Mengenai Perubahan Nama Prodi Universitas (Sumber: Litbang LPM Solidaritas)

Ia juga menambahkan, pergantian nama prodi berdampak pada mata kuliah yang mengikuti kemajuan ilmu dan realitas sosial yang terjadi dalam masyarakat. “Perubahan ini berdampak pada mata kuliah kita nanti, dimana interaksi dalam masyarakat juga menjadi bagian dari yang mengelola dan membuat kebijakan. Kita menyesuaikan dengan perubahan ilmu, masyarakat, juga dunia internasional.”

Salah satu Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara 2016, Irna Tiani,  mengatakan dampak yang akan dirasakan oleh mahasiswa adalah perubahan gelar ketika lulus nanti. “Kita belum tau pasti sebenarnya dampak apa saja yang dirasakan. Namun, yang paling menonjol sih perubahan gelar yang didapat, dari Sarjana Sosial (S.Sos) menjadi Sarjana Administrasi Publik (S.AP).”

Namun, dalam penerapan kebijakan ini pihak jurusan belum melakukan sosialisasi ke semua mahasiswa. Seperti yang dikatakan Mahasiswa AN 2015, Dwi Guruh, “Saya belum tau persis tentang perubahan ini, karena belum ada sosialisasi langsung dari pihak jurusan . Tapi memang isu mengenai perubahan nama prodi sudah ada kabarnya dari tahun kemarin.”

Reporter : Rafli Nugraha-MG, Fildzha Rani N, Erina Meila Hardianti

Penulis : Rafli Nugraha-MG

Editor : Fildzha Rani N

SHARE
Previous articleMekanisme UTS Kembali Berubah, Mahasiswa Keberatan
Cahunsoed.com adalah Portal Berita Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) SOLIDARITAS Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Purwokerto yang menyajikan berita dan kejadian-kejadian seputar dunia kampus, pendidikan, pemuda, kreativitas, serta berita seputar Banyumas. Selain itu, kami senantiasa menjadi “watch dog” atau kontrol kuasa atas kebijakan-kebijakan kampus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here