Keaslian Masjid Agung Nur Sulaiman Tetap Terjaga.

0
65

Purwokerto – Cahunsoed.com (31/12).  Ditengah pemabangunan gedung-gedung dengan arsitektur bergaya modernnya, tak sedikitpun merubah wajah asli masjid agung Nur Sulaiman Banyumas.  Masjid ini menjadi bangunan tua bersejarah di Banyumas.  Keaslian masjid, terus dijaga karena masjid Nur Sulaiman sudah masuk dalam cagar budaya nasional. “Jadi nggak boleh merubah sedikitpun bentuknya. Bahkan hal kecil sekalipun.” Jelas petugas perawat masjid , Jhony.

Masjid yang sudah berdiri 3 abad ini tetap terjaga tanpa sedikitpun perubahan. Lantai keramik ala cina, tembok-tembok besar khas belanda dan ukir-ukiran kayu beraroma solo. Bahkan tak sedikitpun property yang berada di dalamnya masih original – seperti Bedug, mimbar, magfurah (tempat ibadah khusus bupati) masih terjaga.

“Masjid ini memag dulunya mendapatkan kucuran dana dari belanda. Tapi sekarang masih berada dibawah pengawasan Badan Pelestarian Peninggaan Purbakala – Prambanan.” Tabah Jhony. (Rin)

SHARE
Previous articleMardjoko Hutang Janji dengan Juru Kunci Makam.
Next articlePR II Unsoed Haruskan Mahasiswa Terlibat Penyusunan Unit Cost Jurusan
Cahunsoed.com adalah Portal Berita Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) SOLIDARITAS Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Purwokerto yang menyajikan berita dan kejadian-kejadian seputar dunia kampus, pendidikan, pemuda, kreativitas, serta berita seputar Banyumas. Selain itu, kami senantiasa menjadi “watch dog” atau kontrol kuasa atas kebijakan-kebijakan kampus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here