Gedung Tujuh Lantai Batal Dibangun

0
98

Purwokerto – Cahunsoed.com, Rabu (22/10), Proyek pembangunan gedung tujuh lantai beserta isinya sebagai laboratorium ekonomi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unsoed batal dibangun. Padahal tahun ini pembangunan gedung tujuh lantai telah disetujui oleh pemeritah pusat dengan dikucurkannya dana proyek sebesar 18 Milyar yang diambil dari dana APBN. Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Pramono Hariadi, menyayangkan pembatalan proyek oleh pihak universitas tersebut. Ia mengatakan, labolatorium ekonomi adalah kebutuhkan yang mendesak sebagai penunjang kegiatan akademik di FEB.

Meski FEB sudah memiliki beberapa lab yang terpisah, menurut Pramono fasilitas laboratorium di FEB masih seadanya, belum bisa digunakan secara maksimal. Ia juga mengatakan, tidak tahu menahu alasan universitas membatalkan proyek pembangunan gedung yang sudah direncanakan sejak dua tahun lalu ini.

“Saya hanya menerima kabar dari rektor yang baru bila proyek dibatalkan, yang membatalkan proyek adalah rektor,” katanya. Dana pembangunan gedung sebesar 18 Milyar pun menurut penuturan Pramono telah dikembalikan oleh pihak univ ke pemerintah pusat. “Katanya dikembalikan ke pusat padahal untuk mendapatkan dana sebesar itu tidak mudah,” ujarnya.

Dosen Bisnis Internasional, Adi Indrayanto, juga menyayangkan proyek pembangunan gedung yang dibatalkan pada Agustus 2014 ini. “Padahal proyeknya itu udah deal sebenernya, tapi saya juga tidak mengerti kenapa tiba-tiba batal, saya waktu itu pernah tanya ke BEM Ekonomi, tapi gak tau mereka diem-diem aja,” katanya.

Menurut Adi, selain untuk laboratorium, pembangunan gedung tersebut adalah bentuk kepercayaan pemerintah pada Unsoed yang nantinya bisa merambat ke pembangunan di fakultas lain. “Ini malah dibatalin sama Unsoed-nya, tragisnya dibatalkan saat pembangunan mau dimulai,”katanya.

Angga Giri Yoliandika, Mahasiswa D3 Akuntansi, mengatakan keberadaan laboratorium ekonomi merupakan kebutuhan mendesak yang harus dipenuhi, karena laboratorium yang telah ada tidak memadai. “Ya kita butuh lab yang lebih nyaman dan representatif seperti lab perbankan dan lab akuntansi,” katanya. Sementara itu, wakil rektor II maupun rektor belum bisa dimintai keterangan terkait pembatalan pembangunan gedung ini. (TRI/ICA/ALX/FHR)

SHARE
Previous articlePeringati Jokowi-JK, Massa Gelar Aksi Teatrikal
Next articleKetika Mahasiswa dan Masyarakat Saling Berbaur
Cahunsoed.com adalah Portal Berita Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) SOLIDARITAS Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Purwokerto yang menyajikan berita dan kejadian-kejadian seputar dunia kampus, pendidikan, pemuda, kreativitas, serta berita seputar Banyumas. Selain itu, kami senantiasa menjadi “watch dog” atau kontrol kuasa atas kebijakan-kebijakan kampus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here