DPRD Banyumas Janjikan Akses Kesehatan Bagi Yu’Mar

0
8
Purwokerto-  Cahunsoed.com, Selasa (14/10), Subagyo, Ketua Komisi B DPRD Banyumas mengatakan, pelayanan kesehatan harus bisa diakses oleh semua masyarakat. “Perlu adanya formula baru untuk akses kesehatan yang nggak ribet dan praktis,” kata Subagyo, salah satu pembicara dalam Diskusi Publik BEM FISIP Unsoed dengan tema “Menakar Masa Depan Indonesia. Selasa (14/10) sore.

Ia mengapresiasi insiatif mahasiswa membentuk Krigan Yu’Mar untuk membantu masalah kesehatan Yu’mar. Subagyo juga berjanji akan  membantu advokasi pelayanan kesehatan bagi Yu Mar. “Nanti saya bantu advokasikaan ke komisi D untuk membantu akses kesehatan Yu Mar,” ujar Subagyo lagi.

Fitria Ainurrohmah, mahasiswa Sosiologi 2013, mengatakan, sudah seharusnya pihak birokrat memberikan akses kesehatan gratis untuk warganya. “Kami pegang janji DPRD ini untuk askes kesehatan Yu Mar, semoga bukan hanya jadi janji belaka,” kata Fitria.


Yu Mar sendiri adalah seorang pedagang makanan keliling di FISIP. Bulan lalu penyakit lamanya mulai kambuh. Pengobatannya pun harus ditempuh melalui operasi yang membutuhkan dana besar. Melihat kondisi Yu Mar yang terbatas, mahasiswa FISIP lintas angkatan dan jurusan membentuk gotong-royong ‘Krigan Yu Mar’ untuk membantu meringankan beban Yu Mar. 

Mereka terbagi dalam berbagai Tim, seperti advokasi, pencarian dana, dan publikasi. “Temen-temen mahasiswa juga bisa bantu Krigan ini dengan menyumbangkan baju bekas, karya, uang atau apapun itu,” kata Fitria. (FIT)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here