DPRD Banyumas Berjanji Menyampaikan Tuntutan Aksi Aliansi Mahasiswa Banyumas

0
29

Purwokerto, Cahunsoed.com – Senin (23/9), Sekitar 20 elemen mahasiswa maupun ormas yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Banyumas melakukan aksi tolak RKUHP dan UU KPK. Aksi ini dilakukan sejak pukul 12.30 dan berlokasi di depan kantor DPRD Kabupaten Banyumas.

Koordinator Lapangan Aksi, Fakhrul Firdausi, mengatakan banyaknya jumlah massa aksi yang mengikuti diluar ekspetasi. Longmarch dimulai dari titik kumpul PKM Unsoed menuju Kantor DPRD Banyumas.

“Sangat diluar ekspetasi, sebelumnya perkiraan massa aksi yang datang hanya sekitar 500 mahasiswa tapi ternyata yang mengikuti hingga ribuan. Maka dari itu, konvoi dibatalkan dan memilih untuk longmarch dari PKM Unsoed hingga Kantor DPRD Banyumas.” Ujarnya.

Aksi ini membawa 4 tuntutan, yakni (1) Menuntut DPRD Banyumas mendorong DPR-RI membatalkan RKUHP yang mengarah kepada pengkebirian demokrasi, campur tangan urusan privat Warga Negara, dan diskriminasi hak perempuan.  (2) Menolak RKUHP dijadikan sebagai alat kepentingan politik para elit. (3) Menuntut DPRD Banyumas untuk menyuarakan percepatan Judical Review revisi UU KPK ke Mahkamah Konstitusi. (4) Menuntut DPRD Banyumas untuk selalu menjalankan kewajibannya sebagai wadah aspirasi Rakyat Banyumas

Keempat tuntutan yang dibawa oleh Aliansi Mahasiswa Banyumas ditandatangani oleh Ketua Sementara DPRD Kabupaten Banyumas dan Anggota DPRD Kabupaten Banyumas.

Kertas Posisi Tuntutan Aksi Aliansi Mahasiswa Banyumas

Ketua Sementara DPRD Kabupaten Banyumas, Budhi Setiawan, mengatakan tuntutan tersebut akan disampaikan kepada DPR-RI maupun pihak terkait. “Kami dari DPRD Kabupaten Banyumas yang jelas akan menyampaikan berbagai tuntutan tersebut kepada DPR RI maupun pihak-pihak terkait agar dapat didukung sepenuhnya,” katanya.

Anggota DPRD Kabupaten Banyumas, Supangkat, mengatakan aspirasi ini harus ditindaklanjuti demi keadilan masyarakat. “Aspirasi ini harus bisa ditindaklanjuti karena mencerminkan rasa keadilan masyarakat, khususnya Kabupaten Banyumas. Kami akan menghubungi DPR RI kapan kami dapat diterima dan datang kesana.”

Presiden BEM Unsoed, Fatih Fida’ Ain, mengatakan bahwa perwakilan dari Aliansi Mahasiswa Banyumas akan berangkat menuju Gedung DPR RI Jakarta dan Semarang untuk tetap mengawal isu ini.

“Maka dari itu, kami harapkan ada follow up yang diadakan oleh ketua DPRD dan diantarkan kepada DPR RI. Selain itu, sebagian dari mahasiswa akan berangkat ke Jakarta dan Semarang untuk memfollow up terkait aksi ini kepada rekan-rekan mahasiswa lain.”

Reporter : Syifa Nurul Hidayah, Thomas Rizki Alfatih, Arfah Maulidiyah, Adhytia Mahendra

Penulis : Erina Meila Hardianti

Editor : Fildzha Rani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here