Dosen Belum Siap Ikuti Sistem Presensi Online

0
9
Sumber: Akademik.Unsoed.ac.id

Purwokerto – Cahunsoed.com Selasa (30/6), Beberapa dosen mengaku belum siap menggunakan Sistem Informasi Akademik (SIA) sebagai sistem presensi. Sistem presensi online mengharuskan daftar hadir mahasiswa langsung disetorkan ke Bapendik. Namun nyatanya banyak yang masih disimpan dosen sampai pada batas akhir pengumpulan presensi. Seperti yang disampaikan dosen mata kuliah Iklan Media Elektronik Ilmu Komunikasi FISIP Unsoed, Petrus Imam Prawoto, menurutnya sistem seperti itu belum dapat dijalankan oleh dosen. “Kalo harus seperti itu kan ribet, masa setiap kali ngajar langsung setor,” kata Imam.

Hal senada juga disampaikan dosen Ilmu Administrasi Negara, Ngalimun. Ia mengaku tak tahu mengenai pemberlakuan sistem presensi online pada mahasiswa, “Saya kira masih manual, ngga langsung dimasukin di web (red: SIA), ternyata tahu-tahu banyak yang mengeluh karena di SIA masih kurang padahal absen manual sudah memenuhi,” kata Ngalimun.
Sumber: Akademik.Unsoed.ac.id

Akibat dari belum siapnya dosen dan belum direkapnya daftar hadir oleh bapendik, membuat beberapa mahasiswa bingung mencari informasi terkait pencekalan. “Saya kaget tiba-tiba lihat daftar ujian namanya langsung dicoret merah,” kata Safrina Fajria, mahasiswa sosiologi 2013.

Wakil Dekan I Bidang Akademik mengakui bahwa belum pernah ada sosialisasi kepada dosen maupun mahasiswa. Terkait teguran pada dosen yang belum mengikuti prosedur sistem presensi online pun belum dijalankan. “Karena ini kan masih sistem uji coba, jadi belum secara tegas diberlakukan,” kata Masrukin. (TRI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here