Beberapa Fakultas Masih Tarik Biaya Pelepasan Wisuda

0
132

Purwokerto, Cahunsoed.com – Senin (5/12) Beberapa Fakultas di Unsoed masih menarik biaya pelepasan wisuda periode desember untuk angkatan 2012. Salah satunya Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Seperti yang disampaikan Kasubag Akademik Fakultas Ekonomi dan Bisnis Warih Edy Sasono, mengenai biaya pelepasan yakni sebesar Rp 125.000 untuk plakat, samir wisuda, dan konsumsi. “Masih sama kaya wisuda lalu 125 ribu,” katanya.

Menurut Wakil Dekan III Fakultas Ekonomi dan Bisnis Ade Banani, mengatakan,“Konsep pelepasan  masih sama seperti periode yang kemarin-kemarin,” katanya.

Selain Fakultas Ekonomi dan Bisnis, FISIP juga menarik biaya pelapasan. Namun penarikan biaya pelepasan ini dilakukan oleh BEM Fakultas. Menurut Wakil Dekan I Bidang Akademik FISIP Joko Santoso, penarikan biaya pelepasan dapat dikategorikan pungli. Sehingga pihak dekanat enggan mengurus acara pelepasan.

“Kita sudah tidak mau mengurus acara pelepasan lagi, penarikan biaya dari pihak fakultas itu bisa dibilang sebagai pungli makanya biar diserahkan saja ke mahasiswa,” kata WD I FISIP Joko Santoso saat ditemui diruangannya.

Pendaftaran pelepasan periode ini, dikelola oleh pihak BEM FISIP dan mahasiswa dikenakan uang sebesar Rp 150.000. “Fakultas juga tidak mau lagi melaksanakan acara pelepasan, kita disini sifatnya hanya memfasilitasi mahasiswa saja dengan biaya yang mereka bayar, bisa dapat kenang-kenangan dari fakultas,” kata Presiden BEM FISIP Azzy D’Vastya.

Namun, Beberapa mahasiswa yang akan lulus pada periode Desember ini mengeluhkan biaya penarikan pelepasan ini salah satunya Zuna Afrijal Firman, Manajemen Internasional 2012. “Seharusnya biaya tersebut sudah di cover UKT mulai angkatan 2012, kalau melihat pemenuhan hak dan kewajiban universitas  ya,” ujarnya.

Unitcost Fakultas Hukum. (Sumber: Litbang LPM Solidaritas)

Lain halnya dengan Fakultas Hukum dan Fakultas Pertanian yang tidak menarik biaya pelepasan. Mengenai Fakultas Hukum, meskipun tidak ditarik biaya pelepasan namun tetap mendapat plakat, samir wisuda. Menurut Kasubbag Akademik Sri Minarni, biaya pelepasan sudah terdapat di unit cost sehingga mahasiswa tak perlu membayar lagi. “Kalo yang UKT ya ga bayar kalo yang non-UKT tetap dikenakan biaya pelepasan,” katanya.

Sedangkan Fakultas Pertanian, tidak ditarik biaya pelepasan namun mereka tidak mendapat kenang-kenangan seperti plakat dan samir wisuda. Menurut Wakil Dekan I Bidang Akademik FISIP Joko Santoso, pelepasan hanyalah seremonial yang menjadi kebiasaan di masing-masing fakultas. “Pelepasan itu kan cuma budaya perayaan setelah kelulusan, jadi tidak dilaksanakan juga tidak masalah, hanya saja tiap fakultas biasanya punya perayaannya masing-masing,” tutup Joko Santoso. (Nabilah Agil/ Fadilah Eldo)

Ed: Triana Widyawati

SHARE
Previous articlePembahasan Draft SK UKT 2016 Belum Mencapai Kesepakatan
Next articleAliansi Banyumas Bergerak Tuntut Isu Agraria Dituntaskan
Cahunsoed.com adalah Portal Berita Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) SOLIDARITAS Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Purwokerto yang menyajikan berita dan kejadian-kejadian seputar dunia kampus, pendidikan, pemuda, kreativitas, serta berita seputar Banyumas. Selain itu, kami senantiasa menjadi “watch dog” atau kontrol kuasa atas kebijakan-kebijakan kampus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here