Atas Nama Solidaritas Kemanusiaan, Ikatan Keluarga Alumni Unsoed Bergerak Berikan Bantuan

0
29
Bantuan dari Keluarga Alumni Unsoed (KA Unsoed) untuk mahasiswa FISIP asal luar kota yang masih di Purwokerto (Cahunsoed.com/Dokumentasi Pribadi)

Purwokerto, Cahunsoed.com – Rabu (8/4). Keluarga Alumni Universitas Jenderal Soedirman (KA Unsoed) bersama Tim Satgas CoVid-19 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unsoed mengadakan kegiatan pemberian bantuan kepada mahasiswa Unsoed asal luar kota yang masih berada di Purwokerto. Pemberian bantuan dilakukan dengan cara pendataan mahasiswa melalui google form yang disebarkan oleh masing-masing himpunan jurusan. Bantuan berupa 1 kg telur, 10 buah mie instan dan 10 bungkus minuman sereal diberikan kepada 76 mahasiswa FISIP Unsoed. Pendistribusian dilakukan di tiga titik yaitu di Pusat Kegiatan Mahasiswa, Gedung Soemardjito dan di sekitar Jalan Sumampir. Kegiatan ini ditujukan untuk membantu mahasiswa yang membutuhkan bantuan terkait adanya wabah CoVid-19 sekarang ini.

Aditia Muhamad Ilyas, mahasiswa Sosiologi FISIP Unsoed menanggapi positif terkait adanya bantuan ini. “Alhamdulillah sangat membantu buat kebutuhan sehari-hari di kontrakan selama social distancing, khususnya persediaan makanan karena warung makan disekitar kampus sudah banyak yang tutup dan sulit untuk mencari makan terutama di malam hari,” ujarnya.

Lebih lanjut, Tri Wuryaningsih, Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan FISIP Unsoed menjelaskan mengenai proses pemberian bantuan ini. “Data mahasiswa berasal dari himpunan jurusan masing-masing, setelah itu dilakukan verifikasi kepada mahasiswa telah terdata, kemudian datanya saya serahkan ke pihak KA Unsoed untuk dijadikan dasar menghitung kebutuhan,” ujarnya. Terkait dengan jenis dan besaran bantuan yang akan diberikan telah didiskusikan terlebih dahulu bersama perwakilan tiap himpunan jurusan agar menjadi tepat guna.

Sementara itu pada hari Rabu (8/4) pihak Universitas Jenderal Soedirman pun mengeluarkan kebijakan baru. Kebijakan berdasarkan Keputusan Rektor Universitas Jenderal Soedirman Nomor 649/UN23/RT04.04/2020 berisi tentang bantuan subsidi pulsa untuk kegiatan pembelajaran daring bagi mahasiswa. Akan tetapi bantuan sebesar Rp100.000 tersebut hanya diperuntukkan kepada mahasiswa dengan UKT Level 1, penerima Beasiswa Bidik Misi, Beasiswa Transmigrasi, Mahasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi dan Mahasiswa Pendidikan Menengah Papua.

Reporter : Arfah Ma’ulidiyah, Laksmi Pradipta

Penulis : Arfah Ma’ulidiyah

Editor : Laksmi Pradipta

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here