Aliansi Selamatkan Slamet Gelar Panggung Budaya Untuk Korban Banjir Banyumas

0
137

Purwokerto, Cahunsoed.com – Minggu (22/10), Banjir bandang yang terjadi di wilayah Banyumas pada Minggu malam (15/10) menarik perhatian mahasiswa dan masyarakat. Salah satunya, Aliansi Selamatkan Slamet yang mengadakan panggung kebudayaan di Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) Unsoed, Sabtu (21/10) malam. Kegiatan ini bertujuan untuk menggalang dana bagi korban banjir bandang di Banyumas. “Hasil penggalangan dana akan kita kasih ke warga yang menjadi korban banjir, yang sudah didata sebelumnya,” kata penanggung jawab panggung kebudayaan, Heru Pamungkas.

Selain penggalangan dana, ada juga penampilan dari Satuan Pantomim Purwokerto (SPP). Diharapkan kita sadar bahwa pembangunan PLTPB sangat merugikan masyarakat di sekitar lereng Gunung Slamet. Pesan tersebut disampaikan melalui pertujukan dari Satuan Pantomim Purwokerto malam tadi. “Gunung Slamet sedang tidak baik-baik saja, saya coba gambarkan penderitaan masyarakat yang terkena dampak lewat pantomim ini,”katanya.

Masyarakat yang hadir di panggung kebudayaan pun menyayangkan adanya pembangunan PLTPB di lereng Gunung Slamet. Salah satu masyarakat yang mengunjungi panggung kebudayaan, Burdi, mengharapkan pembangunan PLTPB di lereng Gunung Slamet ditutup karena akan berdampak buruk bagi masyarakat. “Dampaknya bukan hanya jangka pendek seperti banjir kemarin, tapi bisa jadi ada jangka panjang yang dampaknya lebih parah lagi”. Katanya.

Beberapa elemen yang hadir dalam kegiatan panggung budaya seperti Fosma Bangga, Satuan Pantomim Purwokerto (SPP), Teman Tertawa Cilongok, Teater Didik, dan Ampas Kopi. Setelah menggelar panggung kebudayaan, Aliansi Selamatkan Slamet akan melalukan sosialisasi kembali ke desa di sekitar lereng Gunung Slamet tentang dampak pembangunan PLTPB. (MG-Gufinda Risman, MG-Fajar Alfarid)

Editor: Fadillah Eldo

SHARE
Previous articleSungai Meluap, Banjir Bandang Terjang Purwokerto
Next articleHooligan Fisip Bersolidaritas untuk Banjir di Banyumas
Cahunsoed.com adalah Portal Berita Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) SOLIDARITAS Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Purwokerto yang menyajikan berita dan kejadian-kejadian seputar dunia kampus, pendidikan, pemuda, kreativitas, serta berita seputar Banyumas. Selain itu, kami senantiasa menjadi “watch dog” atau kontrol kuasa atas kebijakan-kebijakan kampus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here