Alasan Melebihi Kuota, Unsoed Cabut Bidikmisi

0
7
Gedung Graha Widyatama Unsoed sebagai tempat registrasi mahasiswa baru.
(Cahunsoedcom/ Fauzi Akmal Dhiatama)
Purwokerto, Cahunsoed.com– Rabu (19/7), Mahasiswa yang sudah mendaftar bidikmisi Unsoed tahun 2017 belum mendapat kepastian mengenai akan diterima atau ditolak. Hingga saat ini, jumlah pendaftar sudah melebihi kuota bidikmisi yang ditetapkan oleh Kemenristekdikti. Hal tersebut dinyatakan oleh Eko Sumanto Kasubbag. Akamedik Evaluasi, “Yang udah daftar kemarin 530, sedangkan kuota 460,” kata Eko Sumanto saat ditemui di ruangan pada Jumat (14/7).
                                        
Alasan melebihi kuota yang telah ditetapkan, membuat beberapa mahasiswa bidikmisi ditolak saat registrasi fisik. Wakil Ketua Himpunan Mahasiswa Bidikmisi (Himabisi) Unsoed, Irfa Arifudin, mengatakan bahwa pendaftar bidikmisi akan dilihat kelayakannya. “Dilihat juga kelayakannya, yang tidak sesuai dengan Pedoman Bidikmisi 2017 dan anak Pegawai Negeri Sipil sudah pasti ditolak,” kata Irfa.
Sementara itu, Menteri Adkesma Fakultas MIPA, Agung Prabowo mengatakan bahwa pihaknya akan mendata mahasiswa yang ditolak saat registrasi. “Buat yang kemarin ditolak sebaiknya jangan bayar UKT dulu, karena akan disurvey ulang,” kata Bowo.

Selain itu ia mengharapkan agar mekanisme penerimaan bidikmisi diperjelas lagi agar tidak merugikan mahasiswa baru. “Mekanisme harus jelas jangan peraturannya dibuat sendiri terus langsung tolak, mahasiswa yang kira-kira meragukan bakal disurvey ulang,” katanya.

Mahasiswa baru yang dicabut statusnya sebagai penerima beasiswa bidikmisi tidak serta-merta membayar UKT pada level satu. Jumlah UKT yang dibayarkan akan dihitung kembali sesuai mekanisme yang berlaku. “Tergantung dari pendapatan orang tua. Seandainya yang ditolak pendapatannya 5 juta masa disamakan dengan yang pendapatannya 1,5 juta, kan justru ga adil. Tidak serta merta yang bidikmisi itu tidak mampu,” kata Eko Sumanto. (Inadha Rahma Nidya/ MG-Johannes Surbakti)

Editor: Triana Widyawati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here