Save Soedirman Adukan Masalah UKT ke Irjen Kemendikbud

0
2
Purwokerto,Cahunsoed.com (07/03) – Inspektorat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Haryono Umar bertemu dengan tim advokasi Save Soedirman di ruang rapat Dekanat Fisip Unsoed pagi ini (07/03). Pertemuan itu diadakan untuk mengadukan permasalahan yang ditemukan oleh Save Soedirman terkait anggaran dan UKT Unsoed. Dalam pertemuan tersebut tim advokasi Save Soedirman membeberkan beberapa masalah yang mereka temukan. 
Pada forum tersebut, koordinator tim riset Save Soedirman, Sirojudin menyampaikan analisisnya. Sirojudin menejelaskan beberapa keganjilan-keganjilan yang ditemukan selama proses penghitungan Unit Cost. Salah satu hal yang di paparkan adalah analisis terkait pengakuan Unsoed defisit 51 Milyar.  “Ternyata tahun ini Unsoed memang defisit sebanyak 1,6 M, tapi tidak signifikan di tahun pertama dan kedua. Tapi di tahun ketiga, keempat dan seterusnya, Unsoed akan surplus. Nilai penyusutan Unsoed sebesar 32%, tapi sekali lagi itu tidak signifikan. Kami bingung kenapa yang digembar-gemborkan Unsoed defisit,” jelas Sirojudin.
Sirojudin menambahkan pendapatan unit bisnis Unsoed sebagai Badan Layanan Umum (BLU) tidak efektif dan tidak efisisen. Bagiya, “ Unitcost yang sekarang 612 M, tidak efisien. Padahal dengan dana 400an Unsoed bisa melakukan kegiatan operasional. Masalah keuangan dengan pengeluaran seperti biasanya Unsoed masih aman.”  Selain itu pengelolaan unit bisnis yang ada di Unsoed tidak berfungsi, sehingga pendapatan dari Unit Bisnis tidak bisa menekan biaya pendidikan. 
Agar lebih jelas terkait permasalahan yang ada di Unsoed, Save Soedirman memberikan beberapa berkas hasil analisis dari Save Soedirman untuk dipelajai oleh Irjen Kemendikbud. Mengetahui kondisi Unsoed yang kacau, Haryono Umar berjanji akan memberikan rekomendasi kepada Menteri Pendidikan, M. Nuh. “Jika diperlukan tim nanti akan segera saya turunkan tim untuk menyelesaikan masalah ini. Semoga minggu depan tim sudah ada,” pungkasnya. (neris)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here