Perkenalkan Demokrasi Lewat Film Dokumenter

0
4


Purwokerto  – Cahunsoed.com, Sabtu (14/9), untuk memperkenalkan dasar-dasar demokrasi dan pemilu bagi pemilih pemula, Laboratorium llmu Politik FISIP Unsoed dan Jaringan Kerja Film Banyumas (JKFB) mengadakan Workshop Produksi Dokumenter dengan tema ‘Pemilihan OSIS’.  “Memperkenalkan demokrasi lewat film itu jauh lebih mudah untuk diterima berbagai kalangan” ujar Nanki Nirmanto, Ketua Panitia.

Nanki juga menambahkan jika dalam workshop produksi film ini, lebih menekankan pada pemilih pemula untuk memahami bagaimana proses pemilihan pemimpin.. “Peserta workshop ini merupakan pelajar yang umumnya dibawah 17 tahun, dan pemilihan pertama yang mereka lakukan adalah pemilihan OSIS,” kata Nanki.  Sehingga, dalam workshop ini, panitia menghadirkan peserta pelajar dari sekolah-sekolah se-karisidenan Banyumas.
Selain itu, acara ini merupakan salah satu rangkaian acara dari Kompetisi Film Dokumenter Pelajar Banyumas Raya 2013. “Perlu diadakan workshop karena kompetisinya tematik. Agar peserta tidak keluar dari alur. Walaupun memang tidak semuanya pemula, dan pelajar yang ikut kompetisi” jelas Nanki.
“Acaranya asik, dikasih tau tata cara pembuatan film. Kita juga udah persiapan untuk kompetisi, dan film kami hampir siap,” kata Dinda Putri, peserta yang berasal dari SMAN 1 Bukateja.
Hal tersebut diamini oleh Siti Lestari, peserta yang berasal dari SMAN 1 Bukateja, “Temanya cocok sih, kebetulan di sekolah juga mau ada pemilihan ketua OSIS, seru banget deh acaranya.” Siti berharap acara tersebut rutin dilakukan, “semoga acaranya diadain lagi, biar kami bisa bikin produksi film bareng-bareng dari semua sekolah yang hadir tadi.” (Dyla)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here