Kawal UKT, Mahasiswa Bentuk SOMASI Unsoed

1
5
Purwokerto – Cahunsoed.com, Senin (23/6), Melihat banyaknya permasalahan UKT di Unsoed, beberapa elemen mahasiswa Unsoed yang terdiri dari Aliansi Persma, Aliansi BEM, Tim riset, dan beberapa ormas mengadakan forum pembahasan UKT di Pendopo Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) Unsoed, Senin (23/6) malam. Forum ini dinamakan Somasi Unsoed (Solidaritas Mahasiswa Unsoed). Melalui beberapa pertimbangan akhirnya kami mengusungnama Somasi Unsoed sebagai nama forum,” kata Fathurozi Hanafi, mahasiswa Sosiologi.

Dalam pembahasannya mereka memaparkan berbagai temuan masalah dan aduan terkait UKT angakatan 2012, 2013, dan 2014. Harfin Nurulhaq Presiden BEM Unsoed mengungkapkan, banyak terjadi pungutan diluar UKT bagi mahasiswa pengguna UKT. Padahal, dalam Permendikbud No.55 Tahun 2013, Pasal 5 disebutkan. Tidak boleh ada penarikan lain diluar UKT. “Mahasiswa banyak yang mengeluhkan membayar biaya lain diluar UKT,” kata Harfin.

Selain itu, Mereka juga membahas terkait level UKT 2014 yang naik sampai level 7. “Banyak orang tua mahasiswa baru 2014 yang keberatan dengan UKT yang hari ini mereka bayar. Karena nominal yang mereka bayar diluar batas kemampuannya,” kata Sirojudin, UKM Riset Rhizome FISIP. Fathurozi menambahkan bila forum ini terbuka bagi seluruh mahasiswa Unsoed yang merasa UKT-nya dicurangi. Forum ini nantinya akan mengawal isu-isu mengenai UKT, mulai dari pungutan liar, level UKT, dan beberapa permasalahannya lainnya. “Karena, masalah UKT sekarang lebih parah ketimbang UKT sebelumnya,” tambahnya.

Setiap Senin malam Somasi Unsoed mengadakan diskusi bersamatentang UKT. Diskusi ini Terbuka untuk seluruh mahasiswa Unsoed dengan tempat yang bergiliran di semua fakultas se-Unsoed. (FIT)

1 COMMENT

  1. Salut dan bangga untuk kawan yang terus berjuang melawan komersialisasi pendidikan. Tetap semangat untuk SOMASI UNSOED. Jadikan pengalaman praktik terdahulu yang memiliki beberapa kesalahan menjadi praktik yang jauh lebih maju lagi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here