Mahasiswa Ilmu Komunikasi Iuran Untuk Praktikum

1
7

Purwokerto – Cahunsoed.com, Senin (7/7), Mahasiswa Ilmu Komunikasi 2012 mengeluhkan biaya praktikum mata kuliah yang harus dibayar lagi oleh mahasiswa. Padahal mereka sudah menggunakan sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT). Rhisa Wijayanti Ilmu Komunikasi 2012 mengaku keberatan, rata-rata ia dan teman-temannya harus membayar Rp50.000 permahasiswa untuk praktikum mata kuliah Iklan Media Cetak. “Kan udah bayar UKT, seharusnya gak ada penarikan lagi dong,” kata Rhisa. Ia juga mengeluhkan, bila tidak ada pemberitahuan sebelumnya terkait biaya praktikum ini. “Gak ada transparansi, kita juga gak dikasih tau kalau bakal bayar sendiri,” keluhnya.

Fajar Nur Hidayat, Mahasiswa Bidikmisi Ilmu Komunikasi 2012 mengatakan hal serupa, ia merasa keberatan dengan beban yang harus ia tanggung dengan membayar biaya yang tak seharusnya ia bayar. “Seharusnya gratis, sudah tidak ada pungutan lain lagi,” katanya kesal. Iuran praktikum bukan kali ini terjadi. Menurut Fajar, semester lalu pada mata kuliah Fotografi, ia dan teman-temannya juga menggunakan uang pribadi untuk pencetakan foto, tanpa dana sepeserpun dari fakultas.
Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi, Toto Sugito, mengakui baru mendengar masalah ini. Ia tidak tahu pasti apa penyebab mahasiswa harus membayar praktikum. Menurutnya saat pengajuan ke fakultas biaya praktikum sudah masuk dalam satu paket. “Harusnya sudah tidak ada pembayaran lagi,” tegasnya. Ia juga berjanji akan melakukan pengecekan ulang pada pihak terkait, untuk menemukan titik permasalahannya. “Yang salah bisa di fakultas, SAP (red: Satuan Acuan Pengajaran) atau memang dari awal tidak dianggarkan,” tutup Toto. (ALX)

(Berita Terkait #PerencanaanUKTKacau)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here