REVIEW: Watchmen; Siapakah yang akan mengawasi Sang Pengawas?

0
3
“Aku pernah mendengar sebuah lelucon. Seorang pria depresi berkunjung ke dokter. Ia merasa dunia kejam dan keras. Dia merasa kesepaian di dunia yang penuh ancaman. Dokter berkata, “penyembuhannya sederhana, Paggliacci seorang badut hebat datang ke kota ini. Pergilah dan temui dia”. “Tapi dokter”, pria itu berkata, “akulah Pagialcci.” Good Joke. –Rorschach-

Superhero merupakan sosok pahlawan yang berjuang melawan para penjahat. Itulah anggapan kebanyakan orang yang suka menikmati film. Namun, anda tidak akan menemukan hal tersebut dalam film Watchmen. Anggapan anda terhadap superhero akan dijungkirbalikan dalam Watchmen. Siapakah yang paling benar? Sang superhero, masyarakat dunia atau sang penjahat yang melakukan pembunuhan?

Film ini merupakan adaptasi komik garapan Alan Moore dengan judul yang sama, yang diterbitkan oleh DC Comics. Watcmen merupakan kelompok superhero, selayaknya Avanger, dengan anggota berjumlah 6 orang. Uniknya Watchmen beregenerasi, dimana anggota yang sudah tua digantikan oleh orang lain atau anaknya. Seperti sosok superhero Amerika lainnya, setiap anggota Watchmen tidak mengetahui identitas asli anggota lainnya. (Baca: REVIEW: Psycho-Pass; Bayangan tentang Dunia Tanpa Kejahatan)

Setting Watchmen mengambil era perang dingin antara Blok Barat dengan Blok Timur. Saat itu Watchmen telah vakum dikarenakan berbagai hal. Cerita dimulai dari catatan buku harian Rorschach, yang menyelidiki kematian Comedian, salah satu anggota Watchmen. Padahal Comedian merupakan anggota yang memiliki kemampuan fisik yang hebat. Rorschach khawatir jika sang pembunuh akan mengincar anggota Watchmen lainnya, maka ia mengirimkan peringatan kepada mereka. Dari pembunuhan ini, cerita Watchmen dirajut hingga konspirasi global.

Secara keseluruhan, film ini cocok bagi siapapun yang jenuh dengan alur film superhero yang datar. Watchmen menyajikan ceita yang dalam serta action yang apik. Cerita yang disajikan Alan Moore dapat diadaptasi dengan baik dalam versi filmnya. Anda tidak akan mengetahui motif sang pembunuh hingga sampai pada akhir cerita. Pada akhirnya penontonlah yang menentukan siapakah sosok superhero yang sebenarnya dalam film Watchmen ini. Karena plot cerita Watchmen tidak men-judgeseorang tokoh baik atau jahat. (oL)

Judul               WATCHMEN
Directed by     Zack Snyder
Tahun Rilis      2009

Durasi              162 menit

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here