Unsoed Rawan Curanmor, Keamanan Kurang Personil

0
2
rekaman cctv pencurian motor di parkiran
Lab. Teknologi Pertanian

Purwokerto, Cahunsoed.com — Minggu (26/6), Kasus  pencurian motor saat ini marak terjadi di sekitar kampus Unsoed. Beberapa waktu lalu terjadi pencurian dua motor sekaligus di Fakultas Pertanian. Pencurian motor itu terjadi di parkiran Laboratorium Teknologi Pertanian dan terekam oleh CCTV. Dalam rekaman, nampak empat oknum pencuri masuk ke parkiran Laboratorium Teknologi Pertanian dan keluar membawa motor hasil curian.


Salah satu korban pencurian motor dari Fakultas Pertanian Renaldy, menyesalkan kejadian pencurian motor di Unsoed. Ia mengeluhkan tentang keamanan Unsoed yang masih buruk, khususnya di Fakultas Pertanian. “Harusnya pengamanan bisa lebih diperketat apalagi ini kan di dalam kampus, satpam seringnya hanya jaga di pos saja, tidak ada yang di parkiran,” ungkapnya.

Pencurian di Fakultas Pertanian bukanlah yang pertama, sebelumnya telah banyak kasus pencurian di sekitar kampus. Seperti kasus pencurian motor yang terjadi di Fakultas Peternakan beberapa waktu lalu. Dari hasil penelusuran, dua motor hilang dalam satu waktu dan terekam oleh CCTV. “Sudah diproses pihak kepolisian namun belum dapat kabar lebih lanjut,” kata Presbem Fakultas Peternakan, Evan Kurniawan.

Evan juga menambahkan, kejadian pencurian motor ini sering terjadi di dalam kampus. Seperti yang terjadi di Fakultas Peternakan, pencurian terjadi saat malam hari ketika sedang ada kegiatan perkuliahan. “Kita kan tahunya parkir di dalam kampus bakal aman, jadi ditinggal kuliah juga ngga masalah, tapi ternyata masih saja tidak aman,” tambahnya.

Menanggapi berbagai kejadian pencurian di Unsoed, kepala Satuan Pengaman Unsoed Rido, mengaku prihatin maraknya kasus pencurian. Ia mengatakan bahwa Unsoed masih kekurangan personil keamanan. Jumlah personil yang saat ini tidak mampu untuk memback-up seluruh Unsoed yang terdiri dari 12 fakultas dalam 24 jam. Belum lagi terdapat gedung-gedung vital yang membutuhkan pengamanan. “Unsoed cuma punya 105 personil dan jumlah tersebut tidak memadai,” kata Rido.

Personil keamanan hanya bertugas pada jam kantor saja yaitu hingga pukul 4 sore. Sementara kegiatan perkuliahan maupun kegiatan mahasiswa masih berlangsung lebih dari jam tersebut. Menurut Rido, saat ini rencananya akan ada penambahan personil sebanyak 13 orang, namun jumlah tersebut menurutnya masih belum memenuhi kebutuhan keamanan di Unsoed. “Masih kurang, tambahan itu juga sudah dipesan tiap fakultas katanya mereka butuh satpam lagi, tapi penambahan personil juga terbentur anggaran”, kata Rido.

Untuk saat ini, upaya lain yang masih menjadi rencana adalah diterapkannya aturan menunjukkan STNK untuk kendaraan yang keluar dari kampus Unsoed. Lagi-lagi rencana tersebut terbentur terbatasnya sarana dan prasarana. (Khaerunisah)

Ed: Triana Widyawati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here