Audiensi Biologi, Yudisium Masih Menunggu SK Akreditasi

0
4
Audiensi terkait penundaan yudisium mahasiswa Biologi
Cahunsoedcom/ Fita Nofiana
Purwokerto, Cahunsoed.com – Senin (25/7), Dekan Fakultas Biologi Yulia Sistina, belum mau menyelenggarakan yudisium di Biologi hingga SK Akreditasi dikeluarkan oleh BAN-PT. Hal ini disampaikan pada saat audiensi bersama dekanat terkait penundaan yudisium beberapa mahasiswa di Fakultas Biologi pada Senin (25/7) pagi tadi. Dekan mengatakan jika yudisium bagi mahasiswa prodi S1 Biologi tidak dapat dilaksanakan jika SK masih belum juga dikeluarkan. “Dengan sedih hati, tidak ada yudisium,” kata Dekan Fakultas Biologi Yulia Sistina.
Dekan pun menambahkan jika jadwal yudisium tetap ada untuk bulan Agustus, karena pada re-akreditasi tahun 2011 hanya memakan waktu satu bulan jadi kemungkinan di Agustus nanti SK sudah dikeluarkan. “Tahun 2011 pernah cuma satu bulan SK itu turun, ikhtiarnya ya kita sama-sama berharap agar SK bisa turun di bulan Agustus,” kata Yulia Sistina.
Jawaban dari dekanat belum dapat memuaskan mahasiswa Biologi khususnya angkatan 2011 dan 2012. Dekan masih tetap berpedoman bahwa pelaksanaan yudisium harus menunggu SK Akreditasi dikeluarkan. Pernyataan dekan ini menuai kekecewaan mahasiswa Biologi, khususnya yang telah selesai melakukan penelitian, tinggal menunggu seminar hasil dan pendadaran. Salah satunya seperti yang diungkapkan mahasiswa Biologi 2012 Fita Fatimah, yang kecewa dengan pernyataan dekanat karena tidak ada yudisium di bulan Agustus. “Banyak temen-temen yang mau yudisium Agustus, mereka udah selesai penelitian cuma tinggal semhas sama pendadaran eh malah ini yudisiumnya masih belum pasti,” kata Fita.
Fita menambahkan jika ditundanya yudisium, maka akan menyurutkan semangat mahasiswa Biologi dalam menyelesaikan tugas akhirnya. Terlebih beban imateriil akan mereka terima karena harus menambah satu semester lagi. “Langsung nge-down lah mba pas lagi semangat-semangatnya ngerjain tugas akhir,” tambahnya.
Audiensi yang dihadiri Dekan, Wakil Dekan I, dan Wakil Dekan II Fakultas Biologi berakhir siang tadi. Dengan alasan akan melakukan sambung rasa bersama para dosen, Dekan Biologi meninggalkan audiensi. Audiensi dilanjutkan oleh Wakil Dekan I Hendro Pramono, yang kembali menemui mahasiswa untuk menerima beberapa tuntutan yang diajukan mahasiswa. Isi dari tuntutan tersebut yakni: (a) menuntut Dekan Fakultas Biologi menyelenggarakan yudisium di bulan Agustus untuk memberi kesempatan kepada mahasiswa mengikuti wisuda di bulan September 2016; (b) menuntut kepada Rektor dan Dekan Fakultas Biologi untuk mendesak BAN-PT segera menyelesaikan proses re-akreditasi sebelum periode wisuda bulan September 2016 dilaksanakan.
Dekanat Akui Telah Melakukan Indisipliner
Papan keluhan mahasiswa Biologi yang ditunda kelulusannya
 akibat keterlambatan proses re-akreditasi
Cahunsoedcom/ Fita Nofiana
Pengajuan re-akreditasi prodi S1 Biologi baru diajukan pada bulan Mei, padahal batas akhir akreditasi yakni 21 Juli. Hal ini membuat Fakultas Biologi terlambat empat bulan dalam pengajuan akreditasi, karena menurut Permenristekdikti nomor 32 tahun 2016 tentang Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi, pemimpin perguruan tinggi wajib mengajukan permohonan akreditasi ulang paling lambat enam bulan sebelum masa berlaku status akreditasi berakhir.
Dalam audiensi, Dekan Fakultas Biologi Yulia Sistina mengakui bahwa telah melakukan indisipliner terhadap keterlambatan proses re-akreditasi untuk Fakultas Biologi. “Kami akui telah melakukan indisipliner,sanksinya ya teguran secara lisan” kata Yulia.
Ketidakdisiplinan dalam menjalankan peraturan administratif yang dilakukan dekanat, justru membuat mahasiswa menjadi korbannya karena ditunda kelulusannya. Salah satu mahasiswa yang menyesalkan hal itu yakni Imam Agus Faisol Mahasiswa Biologi 2012. “Keterlambatan pengajuan proses re-akreditasi kan dari dekanat, tapi kenapa kita (red: mahasiswa biologi) yang harus menanggung akibatnya” tanya Faisol mengeluhkan terkait belum jelasnya nasib yudisium di bulan Agustus.

Terkait jadwal yudisium di bulan Agustus masih menunggu SK Akreditasi dikeluarkan. Wakil Dekan I Fakultas Biologi Hendro Pramono hanya memberikan jaminan jika SK belum juga dikeluarkan, maka mahasiswa akan menambah satu semester lagi dengan tidak membayar UKT. “Jika SK Akreditasi belum keluar sampai Agustus, maka UKT bagi mahasiswa yang hanya mengambil tugas akhir akan di nol kan,” kata Hendro menutup audiensi dengan mahasiswa. (Triana Widyawati)
Ed: Fita Nofiana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here