Kekerasan Wartawan Terjadi Lagi, FLJ Minta Diusut Tuntas

0
4
Aksi jurnalis menolak kekerasan di depan Alun-alun Purwokerto.
CAHUNSOEDCOM/Triana Widyawati
Purwokerto, Cahunsoed.com – Selasa (4/10), Sejumlah wartawan yang tergabung dalam Forum Lintas Jurnalis (FLJ) Banyumas, mengadakan aksi menolak kekerasan pada wartawan, Selasa (4/10) siang tadi. Aksi yang diadakan di Alun-alun Purwokerto, menuntut agar kekerasan yang dilakukan oknum TNI terhadap wartawan NET TV segera diusut tuntas.

Hal ini diungkapkan langsung oleh Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Purwokerto Aris Andrianto. Perlindungan terhadap para wartawan menjadi perhatian yang penting karena kekerasan terhadap wartawan berulangkali terjadi. “Kami meminta panglima TNI agar ini ditindak tegas sampai ke jalur hukum tanpa ada kompromi,” katanya.

Simbol kekerasan terhadap wartawan yang dilakukan oknum TNI.
CAHUNSOEDCOM/Khaerunisah
Kasus kekerasaan terhadap wartawan terjadi pada seorang jurnalis NET TV Sony Misdananto pada Minggu (2/10). Kejadian bermula saat Sony sedang merekam pawai pencak silat Setia Hati (PSH) Terate yang menabrak pengguna jalan. Namun, tiba-tiba seorang oknum TNI membawa Sony dan langsung menginterogasinya. Sony mendapat pukulan oleh oknum TNI dan kamera yang dibawanya juga dirusak.

Atas insiden itulah, FLJ Banyumas menyatakan sikapnya. Pernyataan sikap ini diwakili oleh Liliek Darmawan wartawan Media Indonesia. Ketiga pernyataan sikap tersebut yakni menolak bentuk kekerasan dan intimidasi terhadap jurnalis peliput yang dilakukan aparat negara, mendesak pihak TNI untuk mengusut pelaku kekerasan terhadap jurnalis sebagai bentuk komitmen menghargai supremasi hukum dalam masyarakat yang demokratis, terakhir mendesak petinggi TNI Angkatan Darat memproses anggota yang diduga menganiaya Sony dan tidak melakukan intimidasi.

Liliek menambahkan jika wartawan tidak boleh takut untuk melaporkan setiap bentuk kekerasan yang terjadi saat peliputan. “Kami tidak takut, segala bentuk kekerasan terhadap wartawan harus dilaporkan,” kata Liliek. (Dyah Isti Shalihah)
Ed: Triana Widyawati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here