Sungai Meluap, Banjir Bandang Terjang Purwokerto

0
4
Warga berkumpul di luar area jembatan,
karena jembatan ditutup oleh pihak kepolisian
(Asep Saripudin)
Purwokerto, Cahunsoed.com-Senin (16/10), Banjir bandang menerjang beberapa wilayah Purwokerto pada Minggu malam (15/10). Sungai yang berhulu di Lereng Gunung Slamet seperti Sungai Prukut, Mengaji, Logawa, Banjaran, dan Sungai Pelus mengalami kenaikan debit air  dua sampai empat  meter. Kenaikan debit tersebut disebabkan karena daerah tangkapan air di Lereng Gunung Slamet sudah tidak bisa menangkap air dengan cepat.“Daerah tangkapan air sudah berkurang, jadi air langsung menggelontor ke sungai yang berhilir ke Sungai Serayu,” Kata Ade Chandra, Koordinator Taruna Siaga Bencana (TAGANA) Kabupaten Banyumas.

Banjir bandang juga menyebabkan satu rumah indekos dan satu rumah pribadi mengalami kerusakan di Wilayah Dukuhwaluh RT 03/02. Salah satu penghuni indekos, Arif, mengungkapkan bahwa pada saat terjadi banjir bandang sempat terdengar suara gemuruh dari luar kamarnya.“Saya langsung keluar setelah dengar suara gemuruh, tiba-tiba kamar kos teman saya sudah hanyut terbawa arus,” katanya.

Sementara itu, Wartim, warga Desa Dukuhwaluh yang rumahnya berdekatan dengan indekos menyampaikan bahwa dari sore hari, hujan tidak turun di wilayah Purwokerto tetapi terjadi di wilayah Baturraden dan menyebabkan luapan air dari hulu sungai meluap di totogan(red:tempat pertemuan arus sungai).“Saya kaget, ini baru pertama kali banjir bandang kaya gini,” katanya.

Kondisi rumah indekos yang terkena dampak banjir bandang
(Asep Saripudin)

Berdasarkan data yang dihimpun Litbang LPM Solidaritas, sampai saat ini belum ada laporan korban jiwa, namun kerugian yang terjadi ada 25 rumah di Daerah Banjaran terendam air, satu rumah di Desa Bobosan ambrol, satu indekos dan satu rumah pribadi di Desa Dukuhwaluh mengalami kerusakan, tiga unit sepeda motor hanyut, satu unit mobil, satu dumptruck dan satu unit sepeda motor masih tersangkut di bebatuan Sungai Logawa. (Asep Saripudin, Galang Kris Nanda)

Editor: Fadillah Eldo Abimanyu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here