Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tolak Kekerasan Seksual, Keluarga Besar FISIP Unsoed Teken Petisi

Cahunsoedcom/Nur Zakiyatul 

Purwokerto, Cahunsoedcom – Rabu (11/9)  Duta Anti Kekerasan Seksual Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) mengadakan aksi tanda tangan petisi sebagai bentuk kepedulian dan tindak tegas terhadap segala kasus kekerasan seksual yang terjadi di Unsoed. Aksi ini digelar di Pendopo Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) dan diramaikan oleh mahasiswa, dosen, hingga staf yang ada. 


Kasus kekerasan seksual yang terjadi akhir-akhir ini memperlihatkan bahwa kurangnya ruang aman bagi para korban kekerasan seksual. Sehingga, adanya aksi ini bertujuan untuk memberikan ruang aman bagi mahasiswa 


“Sebagai bentuk aksi nyata bagi kita. Karena saya percaya bahwa teman-teman mahasiswa membutuhkan tempat yang aman dan dihargai di lingkungan kampus,” ujar Kholiq selaku Duta Anti Kekerasan Seksual FISIP Unsoed. 


Aksi ini juga dilakukan untuk melihat kepedulian mahasiswa FISIP terhadap kasus kekerasan seksual yang ada. 


“Melalui tanda tangan ini, bukan semata-mata hanya tanda tangan saja. Kita ingin melihat kesadaran mahasiswa FISIP berkaitan dengan isu ini,” tutur Kholiq. 


Kholiq juga mengatakan bahwa adanya petisi ini guna mendorong pihak kampus untuk memberikan hukuman yang setimpal terhadap pelaku kekerasan seksual. 


“Petisi ini dilakukan untuk mendorong pihak kampus, pihak Unsoed untuk memperkuat sanksi (dan) kebijakan yang ada, sehingga dapat maksimal penanganannya dalam kasus kekerasan seksual ini,” tuturnya. 


Selanjutnya, hasil dari kegiatan ini akan dibawakan ke Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (Satgas PPKS) untuk dijadikan bahan evaluasi. 


“Selanjutnya akan dibawa juga ke satgas PPKS, yang nantinya aku harap mereka bisa berevaluasi dari kegiatan ini,” ucap Kholiq. 


Tak hanya itu, ketua Satgas PPKS yakni Tri Wuryaningsih, turut hadir dalam aksi ini. Ia mengatakan bahwa petisi ini merupakan komitmen bersama kampus Unsoed. 


“Petisi ini sebagai wujud gerakan bersama, komitmen bersama, untuk mewujudkan kampus Unsoed yang tidak mentoleransi segala bentuk kekerasan seksual.” 


Lapor jika kamu mengalami atau melihat. Hotline informasi dan pengaduan korban kekerasan seksual 

Whatsapp: 0813 9383 4411

Instagram: satgasppks.unsoed

Gmail: satgasppks@unsoed.ac.id


Reporter: Septiyo Rizki, Hanna Christi 

Penulis: Hanna Christi 

Editor: Septiyo Rizki 

 


Posting Komentar untuk "Tolak Kekerasan Seksual, Keluarga Besar FISIP Unsoed Teken Petisi"